Main Menu

Astronot John Glenn Meninggal

Rosyid
09-12-2016 11:16

Ohio, GATRANews - John Glenn orang Amerika pertama yang mengorbit bumi meninggal dalam usia 95 tahun. Glenn meninggal Kamis 8 Desember 2016 di negara bagian asalnya, Ohio setelah ia dirawat di rumah sakit di Columbus. Dia menjadi orang terakhir terakhir dari Mercury Seven.


Sejarah yang ditorehkan Gleen terjadi pada 20 Februari 1962. Astronot berusia 40 tahun saat itu diluncurkan dari Cape Canaveral, Florida.  Menumpang kapsul sempit Friendship Seven, Glenn mengorbit bumi selama lima jam. Dia berhasil mengelilingi bumi tiga kali.

Saat itu ketegangan dengan Russia mencapai puncaknya. Saat itu Russia berhasil mengirim manusia pertama ke orbit bumi, Yuri Gagarin satu tahun lebih dulu.


"Gravitasi Nol dan saya baik-baik saja," kata Gleen dari angkasa. "kapsul ini berputar-putar. Oh, pemandangan yang luarbiasa," serunya dari angkasa.

Dia kemudian masuk kembali ke atmosfir bumi dan mendarat di lautan Atlantik. Menjadi pahlawan dan membangkitkan kembali semangat bangsa Amerika Serikat untuk menjelajah angkasa luar.

Glenn adalah seorang insinyur sekaligus veteran PD II dan Perang Korea sekaligus pilot penguji pesawat.  NASA ( National Aeronautics and Space Administration) memilihnya sebagai satu dari Mercury Seven (tujuh astronot pertama NASA yang terbang dengan semua wahana abad 20 yaitu Mercury, Gemini, Apollo, dan Pesawat Ulang alik. Astronotnya adalah Scott Carpenter, Gordon Cooper, John Glenn, Gus Grissom, Wally Schirra, Alan Shepard, dan Deke Slayton.

Tahun 1964 Glenn meninggalkan NASA dan mengejar karir politik. Butuh waktu satu dekade sebelum akhirnya berhasil masuk senat. Karir Glenn di angkasa luar tidak berhenti. pada tahun 1988. ada usia 77, ia menjadi orang tertua yang terbang di angkasa. Bepergian dengan enam rekan awak Discovery, Glenn mengajukan diri untuk menjadi kelinci percobaan manusia untuk tes pada proses penuaan astronot.

Selamat jalan John Glenn.




Editor: Rosyid

Rosyid
09-12-2016 11:16