Main Menu

Gempa Chile 7,6 magnitude

Rosyid
26-12-2016 07:53

Santiago, GATRANews - Gempa besar 7,6 magnitude menggoncang Chile, Minggu waktu setempat, yang meyebabkan evakuasi sepanjang kawasan pantai. Namun sejauh ini tidak ada korban jiwa atau kerusakan parah. 


Pemerintah Chile mmenghentikan perintah evakuasi dan waspada tsunami tiga jam setelah gempa Natal itu.  Pemerintah mengijinkan sekitar 5000 orang yang dievakuasi untuk kembali lagi ke rumah. 

Menurut pendataan awal, sekitar 21.000 rumah putus jaringan listrik.

Pusat gempat/epicentrum terdeteksi di 140 km barat daya Puerto Montt. Menurut US Geological Survey (USGS) kedalaman epicentrum sekitar 20 miles. Badan Penanggulangan Bencana Chile (Onemi) mengumumkan waspada tsunami di area sepanjang 1000 km dari epicentrum, delapan pelabuhan, kebanyakan kecil-kecil langsung ditutup.  Meskipun gempa terasa sampai ke sisi lain pegunungan Andes di Argentina, namun tidak banyak terjadi kerusakaan struktural, bahkan di dekat epicentrum.

"Ada banyak gerakan, tapi selain itu tidak ada yang lain. Tidak ada rumah yang roboh," kata Alamiro Vera pemilik hotel Cabanas di Quellon. Menurut Reuters, sejumlah jalan dan satu jembatan rusak di Quellon di Chiloe Island, kawasan wisata  Chile.

Chile punya sejarah panjang gempa mematikan. Tahun 2010 gempa 8,8 magnitude memicu tsunami yang menghancurkan kota-kota di pantai.  Chile adalah negara yang terletak disepanjang Samudra Pasifik di tepi barat Amerika Latin. Pantainya memnbentang lebih dari 6000 km dari Peru hingga Kutub Selatan.


 

Editor: Rosyid

Rosyid
26-12-2016 07:53