Main Menu

Wabah Demam Kuning Renggut 60 Nyawa di Brazil

Tian Arief
05-02-2017 14:00

Rio de Janeiro, GATRAnews - Pemerintah Brazil mengumumkan, jumlah pasien yang meninggal akibat wabah demam kuning, telah mencapai 60 pasien. Sedangkan 87 orang lainnya yang tewas, sedang diselidiki, apakah berkaitan dengan wabah itu. Kementerian Kesehatan Brazil, menyatakan, ada 53 orang meninggal di Negara Bagian Minas Gerais, tempat wabah tersebut pertama kali muncul sebelum menyebar ke negara bagian lain.

Empat orang lainnya, sebagaimana dilaporkan Xinhua, yang dikutip Antara, Minggu (5/2), meninggal di Espirito Santo, dan tiga orang lagi meninggal di Negara Bagian Sao Paulo.

Sejak wabah itu muncul, pihak berwenang Brazil mencatat, ada 150 orang diduga meninggal akibat demam kuning, dan 60 orang di antaranya telah dikonfirmasi, sedangkan 87 orang lainnya masih diselidiki, serta tiga korban dinyatakan tidak terkait.

Secara keseluruhan, Kementerian Kesehatan Brazil mengumumkan ada 921 orang telah diduga terinfeksi penyakit tersebut, dan 804 orang di antaranya terjadi di Minas Gerais. Sebanyak 702 orang sedang diselidiki, dan 161 orang telah dikonfirmas, sedangkan 58 penderita telah dikesampingkan.

Bertambahnya jumlah kasus demam kuning memaksa pemerintah Negeri Samba itu untuk mengirim lebih dari delapan juta dosis vaksin ke negara bagian yang berisiko untuk berusaaha mengendalikan krisis itu.

Penyakit tersebut dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti, yang juga merupakan pengantar virus demam berdarah, chikungunya, dan Zika.


Editor: Tian Arief

Tian Arief
05-02-2017 14:00