Main Menu

Penjelasan Maskapai AS Soal Pelarangan Pengguna Legging Naik Pesawat

Rosyid
27-03-2017 12:50

Denver, GATRAnews - Maskapai United Airlines diterjang badai kritik di media sosial gara-gara melarang dua gadis remaja yang menggunakan legging masuk ke pesawat pada hari minggu (26/3). Insiden di bandara Denver ini terungkap ke publik setelah rangkaian tweet Shannon Watts viral.  Watts yang berada di gerbang masuk ketika terjadi perdebatan antara petugas United Airlines dengan kedua gadis itu. Dia menilai aturan itu tidak adil terhada perempuan dan gadis.

Insiden itu sontak membuat ramai media sosial di Amerika Serikat.  Jurubicara perusahaan langsung memberi penjelasan untuk meredam keributan. Dijelaskan kedua gadis itu menggunakan tiket khusus bukan tiket reguler untuk penumpang umum. Tiket khusus itu yang biasanya diberikan pada karyawan, atau keluarga karyawan. nah, salah satu aturan pengguna tiket khusus adalah menggunakan pakaian yang pantas. Legging tidak memenuhi aturan berpakaian yang pantas tersebut.

"Keduanya sudah diberitahu bahwa mereka tidak diijinkan untuk naik ke pesawat sampai mereka memperbaiki cara berpakaiannya," kata jurubicara United Jonathan Guerin. Menurut Guerin, para gadis itu bisa menerima aturan itu. Dia juga membenarkan bahwa akibat insiden itu, gadis-gadis itu ketinggalan pesawat seperti dilaporkan Reuters, Senin (27/3).Tak jelas alasan United mengategorikan legging sebagai pakaian yang tak pantas.

Dalam tweeternya, Shannon Watts menulis, "Petugas memaksa mereka ganti baju atau menutupi leggingnya atau mereka tak bisa naik pesawat,"  "Sejak kapan @united jadi polisi berpakaian para wanita?" imbuhnya.

Bahkan dari kalangan selebritas juga bereaksi dengan tweeter bernada humor.  "Saya pernah terbang dengan United, ngak pakai celana. Hanya atasan sebagai busana. Lain kali saya akan pakai atasan dan jeans," kata artis Chrissy Teigen. "

Dalam pernyataan lanjutanya, Guerin menyatakan bahwa maskapai tidak akan menolak konsumen ynag menggunakan legging. "Kepada konsumen kami, silahkan untuk menggunakan legging anda," katanya.


Editor: Rosyid

Rosyid
27-03-2017 12:50