Main Menu

Kebakaran Hutan di Kanada Kian Merebak

Dani Hamdani
11-07-2017 11:25

Kanada (AFP/Geoff Robins/HR02)

Kamloops, British Columbia, GATRANews - British Columbia, kawasan paling Barat Kanada, terus berjuang mengatasi 220 titik kebakaran hutan yang tersebar di provinsi tersebut pada Minggu. Para pejabat memperingatkan bahwa mereka memperkirakan kehancuran yang lebih besar merujuk pada prakiraan cuaca.



Cuaca diperkirakan bisa lebih panas dan kering pada pekan mendatang. "Melihat prakiraan cuaca di luar sana, tentu tidak optimis, " kata juru bicara pimpinan unit pemadam kebakaran British Columbia Kevin Skrepnek pada konferensi pers.

 

"Kita akan tergantung pada belas kasihan cuaca," ujarnya seperti dilaporkan Antara.


Kebakaran mulai pada Jumat (7/7/17) ketika 138 titik kebakaran diawali oleh badai listrik dan angin kencang yang melewati bagian dalam provinsi yang kering, dan belum pernah diguyur hujan yang signifikan selama beberapa pekan.



British Columbia mengumumkan keadaan darurat pertamanya sejak 2003, mengevakuasi sekitar 7.000 penduduk dari rute kebakaran hutan dan mengerahkan sekitar 1.600 personil untuk mengatasi kebakaran

Sekitar 24.000 Hektare kawasan rusak oleh kebakaran hutan pada Minggu, menurut penghitungan resmi.


Skrepnek percaya tingkat kerusakannya akan jauh lebih tinggi. "Kami berdoa agar hujan turun, tapi doa kami tidak selalu dijawab," kata Christy Clark saat melakukan tur di fasilitas evakuasi regional di Kamloops, sebuah kota sekitar 250 kilometer (155 mil) timur laut Vancouver.


Dia mengumumkan dana sebesar 100 juta dolar Kanada untuk korban yang akan dikelola oleh Palang Merah Kanada.


Upaya untuk mengatasi itu didasarkan pada salah satu upaya kebakaran di Fort McMurray di provinsi tetangga Alberta, salah satu bencana alam terburuk dalam sejarah Kanada. 

Upaya itu menyediakan dana sebesar 600 dolar Kanada untuk membantu korban yang mengungsi akibat kebakaran yang juga berfungsi sebagai uang untuk membantu membangun kembali setelah api padam, kata Clark.

Bantuan lainnya mengalir dari seluruh Kanada. Militer Kanada setuju untuk memasok pesawat terbang dan helikopter. Kawasan lain setuju untuk mengirim sekitar 260 orang personil untuk membantu.


Korban selamat dari kebakaran Fort McMurray Mei 2016, yang mengakibatkan 88.000 orang mengungsi dan membakar 590.000 Hektare, mengumpulkan upaya untuk mengirim air, bahan bakar dan perlengkapan lainnya ke British Columbia. 


"Kita sudah mengalaminya, kita tahu bagaimana rasanya," Marty Frost, mantan pemadam kebakaran Fort McMurray, mengatakan kepada CBC.


Editor: Dani Hamdani  

Dani Hamdani
11-07-2017 11:25