Main Menu

Argentina Cari Kapal Selamnya yang Hilang di Atlantik

Iwan Sutiawan
18-11-2017 13:15

Kapal selam Argentina, ARA San Juan. (AFP/Telam/ARGENTINA'S DEFENSE MINISTRY/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Angkatan Laut (AL) Argentina sedang mencari kapal selam ARA San Juan berawak 44 orang yang hilang di Samudera Atlantik Selatan, dua hari setelah melakukan komunikasi terakhir. Cuaca buruk berupa badai menyulikan misi pencarian.


Juru bicara Angkatan Laut Argentina, Enrique Balbi, seperti dilansir Antara, Sabtu (18/11), menyampaikan, kapal selam tersebut sempat diketahui berada di selatan Laut Argentina yang berjarak sekitar 432 km dari Pantai Patagonia ketika mengirimkan sinyal terakhirnya Rabu lalu (15/11).

Menurut Balbi, operasi darurat secara resmi telah dinaikkan statusnya menjadi misi cari dan tolong (SAR) Jumat waktu setempat setelah kontak visual dan radar dengan kapal selam itu hilang.

"Deteksi sulit dilakukan meskipun melibatkan banyak kapal dan pesawat terbang," kata Balbi seraya menyebut angin kencang dan gelombang tinggi telah menghambat misi pencarian.

Angkatan laut Argentina meyakini kapal selam yang meninggalkan Ushuaia menuju Mar del Plata di Provinsi Buenos Aires itu kesulitan berkomunikasi akibat berhentinya aliran listrik.

Kapal selam buatan Jerman yang bertenaga diesel itu pertama kali beroperasi pada 1983 sehingga menjadi kapal selam paling baru dari tiga kapal selam yang dimiliki Argentina.

Presiden Argentina Mauricio Macri menyatakan pemerintah terus menjalin kontak dengan keluarga para awak kapal selam yang hilang itu.

Balbi menyampaikan, Argentina juga mendapatkan tawaran bantuan dari AS berupa pesawat pencari NASA P-3  yang sudah mendarat di kota Ushuaia dan bersiap ke Antartika untuk melakukan misi pencarian di atas area pencarian.


Editor: Iwan Sutiawan

Iwan Sutiawan
18-11-2017 13:15