Main Menu

San Fransisco - Osaka Putus Hubungan Gara-gara Comfort Women

Rosyid
23-11-2017 19:35

Walikota San Fransisko Edwin Lee (Gabriel Bouys/ AFP /yus4)

San Fransisco, Gatra.com - Pertalian dua kota San Fransisco - Osaka yang sudah berlansung selama 60 tahun pecah berantakan. Gara-gara keputusan  Walikota San Fransisko Edwin Lee untuk menyetujui secara resmi berdirinya monumen 'comfort women' dikota itu.



Keputusan Lee menyusul persetujuan yang diberikan dewan kota seminggu sebelumnya. Pemerintah Jepang sudah meminta agar Walikota Lee menolak monumen itu.

Mengetahui Walikota San Fransisco setuju, Walikota Osaka Hirofumi Yoshimura memutuskan untuk memutuskan hubungan. Prosesnya diharapkan tuntas Desember mendatang.

"Dalam pemahaman saya, hubungan sister-city berdasarkan hubungan ada saling percaya yang kuat, saya menyakini hubungan kepercayaan diantara kami sudah berakhir," demikian pernyataan Yoshimura seperti dikutip Japantoday, Kamis (23/11).

Monumen  yang menggambarkan tiga orang gadis -China, Korea dan Filipina- bergandengan tangan didirikan oleh organisasi lokal di Chinatown, San Fransisco, September lalu. Monumen dibangun untuk mengenang comfort women. Isu comfort women sensitif bagi Jepang. Comfort women merujuk para wanita Asia yang dipaksa masuk rumah bordil untuk menghibur para prajurit Jepang selama PD II.

Di Amerika Serikat, monumen comfort women bukan cuma di San Fransisco. Masih ada lagi di Glendale, California dan negara bagian Virginia.

Hubungan sister city Osaka-San Fransisco dijalin sejak 1957 dengan beragam program kerjasama seperti pertukaran pelajar.





Editor: Rosyid 

Rosyid
23-11-2017 19:35