Main Menu

Keluarga Awak Kapal Selam Argentina Berang

Rosyid
24-11-2017 18:05

Anggota keluarga awak kapal selam Argentina yang tenggelam. (AFP/EITAN ABRAMOVICH/FT02)

Mar del Plata, Gatra.com - Pangkalan Angkatan Laut Argentina di Mar del Plata, Argentina dipenuhi tangisan dan kemarahan duka cita setelah Angkatan Laut memastikan seluruh awak kapal selam yang hilang dinyatakan tewas. Anggota keluarga para awak kapal selam marah karena menanggap pejabat AL sengaja menahan informasi hingga delapan hari setelah sebuah ledakan di kapal efektif mengakhiri harapan bisa bertahan. 

 

Itati Leguizamon, istri operator sonar German Suarez, mengatakan bahwa hari-hari harapan palsu telah membuat keluarga merasa dimanipulasi oleh angkatan laut. "Saya merasa dibohongi. Apa mungkin mereka baru tahu sekarang? Mereka jahat dan mereka memanipulasi kita!" kata Leguizamon yang juga seorang pengacara kepada AFP, Jumat (24/11).

 

"Mereka tidak memberitahu kita bahwa mereka sudah mati, tapi mereka mengatakan kepada kita bahwa kapal selam itu berada pada kedalaman 3.000 m. Apa yang dapat Anda pahami dari itu?"

 

Sekitar 100 anggota keluarga menunggu dengan harap-harap cemas di Mar del Plata. Pagar keliling pangkalan dipenuhi pesan-pesan pemberi semangat para kru, gambar-gambar religi dan bendera Argentina. 

 

"Mereka akan terus mencarinya, karena mereka berkewajiban untuk melakukannya," kata Leguizamon.

 

Kapal selam buatan Jerman diluncurkan pada tahun 1983 dan menjalani proses refit untuk memperpanjang usia operasinya dari tahun 2007 sampai 2014. Kapal selam itu dioperasikan 44 orang awak. Kapal selam sepanjang 65 meter itu digerakkan diesel-elektrik itu bisa menyelam hingga 250 meter.  Kapal selam ini meninggalkan pangkalan Ushuaia di para 8 November lalu. Dijadwalkan 19 November kapal selam itu tiba di Pangkalan Mar del Plata. Namun  seminggu kemudian 15 November, Angkatan Laut kehilangan kontak setelah terdeteksi adanya ledakan dari kapal itu. 


 

 

Editor: Rosyid

 

Rosyid
24-11-2017 18:05