Main Menu

Zuckerberg Prediksi Jumlah Iklan Facebook Menyusut di 2018

Birny Birdieni
02-02-2018 02:36

Mark Zuckerberg (REUTERS/Robert Galbraith/FT02)

New York, Gatra.com- Situs jejaring sosial Facebook boleh jadi jarang mengecewakan para investornya. Namun tahun ini, bisa jadi demikian. Pasalnya, sang pendiri dan Chief Executive, Mark Zuckerberg telah mengingatkan beberapa bulan terakhir ini akan melambatnya iklan di sana.

 

Sejak saham perdana Facebook dijual ke publik Mei tahun 2012 lalu, nilainya telah membengkak menjadi lebih dari US$ 540 milyar. Laporan keuangan Rabu (31/1) lalu yang dilansir dari Reuters menunjukkan kalau pesta sebenarnya masih berlanjut dengan pendapatan kuartal IV 2017 naik 47% menjadi US$ 13 milyar dan total pendapatan meningkat 20%. 

 

Angka yang didapat ini belum dengan keistimewaan adanya pemotongan pajak yang diterapkan Pemerintah Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Namun analisis yang ada belum semengkilap kinerja keuangan Facebook tersebut. 

 

Sebab dalam tiga bulan terakhir, saham jejaring sosial yang diluncurkan 2004 itu masih tertinggal dibandingkan kenaikan pasar yang lebih luas. Setelah dua jam catatan pendapatan dirilis, kenaikannya hanya 3,5% menjadi US$193,50. Investor mencerna ada implikasi saham Facebook menjadi kurang menarik.

 

Zuckerberg mengatakan kalau 2017 merupakan tahun kuat bagi Facebook namun sekaligus sulit juga. "Di 2018 kami akan fokus untuk meyakinkan kalau Facebook bukan hanya menyenangkan digunakan, tapi berdampak baik bagi masyarakat," katanya dilansir dari Financial Times. 

 

Penurunan Pengguna Harian Facebook

 

Prediksi Zuckerberg, waktu yang dihabiskan orang di aplikasi ini memang akan turun. Namun klaim dia, investor tak perlu khawatir karena hits pendapatan iklan masih meningkat dari Instagram maupun Facebook Messenger.

 

Memang jumlah pengguna harian yang mengakses Facebook telah menurun. Waktu penggunaan per hari telah menurun 5% atau sekitar 50 juta jam per hari. Jumlah  pengguna "log on" di AS dan Kanada setiap hari turun 700.000 menjadi 184 juta. 

 

Metrik ini menjadi penting bagi investor dalam hal menjual iklan. Namun menurut Zuckerberg ini terjadi akibat perubahan yang dilakukan Facebook pada news feed penguna. Sebab secara sisi pengguna, jumlahnya masih meningkat 14% menjadi 1,4 milyar pada Desember 2017 lalu. Dimana pengguna aktif bulanan mencapai 2,1 milyar atau naik 14% dari tahun sebelumnya. 

 


 

Editor : Birny Birdieni

 

Birny Birdieni
02-02-2018 02:36