Main Menu

Amazon Cetak Rekor Profit Tertinggi

Rosyid
08-02-2018 12:34

Logo Amazon (REUTERS/Charles Platiau/FT02)

San Fransisco, Gatra.com - Situs e-commerce terbesar di dunia Amazon.com Inc., melaporkan keuntungan terbesar dalam sejarahnya. Dalam triwulan terakhir 2017, situs ini meraih profit hampir USD 2 miliar (Rp 27,2 triliun).

 

Pencapain itu buah dari strategi yang dikembangkan selama ini. Yaitu kombinasi dari kecepatan pengiriman barang untuk konsumen di Amerika serikat, membangun customer loyalty  dan memanfaatkan teknologi baru serta pengembangan agresif ke industri-industri lain. 

 

Harga saham perusahaan yang didirikan Jeff Bezos ini melambung hingga lebih dari 73 persen sepanjang tahun 2017. Amazon Web Service (AWS) kini menjadi pemain utama komputasi awam untuk pengelolaan data untuk perusahaan-perusahaan besar tumbuh 43 persen dengan nilai pendapatan mencapai USD 17, 5 miliar.

 

Salah satu kunci pertumbuhan adalah pengembangan jaringan distribusi yang agresif dan investasi berkelanjutan dalam rantai pasokannya.  Amazon kini mengoperasikan 121 fullfillment center beragam tipe dan jenis barang termasuk untuk pakaian, barang-barang berukuran kecil  dan pusat pengembalian barang. 

 

Untuk mengontorl biaya pengiriman, Amazon mengembangkan 117 titik penyortiran diseluruh negeri. Langkah ini membantu untuk mengurangi ketergantungan terhadap perusahaan ekspedisi. 

 

Amazon juga mengembangkan pusat-pusat distribusi Prime Pantry dan AmazonFresh yang mengelola distribusi makanan ringan dan barang-barang kebutuhan dapur. Pelayanan ini tersedia dimanan layanan pengiriman barang AmazonFresh ditawarkan.

 

Pusat layanan Prime Now disiapkan di 32 kota besar. Pemesanan melalui Prime Now bisa dikirim dalam jangka waktu dua jam atau kurang. Jadi layanan ini hanya menyediakan jenis barang yang terbatas jenisnya tapi tapi permintaannya tinggi, seperti bir, air kemasan dan popok.

 

keanggotaan Amazon Prime yang diperkenalkan 2005 berkembang menjadi salah satu layanan terpopuler didunia. Layanan ini memberi pelanggan pengiriman dua hari gratis. Menurut data Consumer Intelligence Research Partner (CIRP) yang dikutip Reuters, jumlah anggota Amazon Prime di USA sampai September 2017 mencapai 90 juta orang.


Editor: Rosyid

Rosyid
08-02-2018 12:34