Main Menu

Peringkat Kredit Venezuela Jatuh ke Titik Terendah

Rosyid
10-03-2018 19:01

Ilustrasi. (Shutterstock/FT02)

Caracas, Gatra.com- Peringkat kredit Venezuela telah mencapai titik terendah. Moody's Investors Service memberi rating C, level paling rendah.


Moody's mengatakan investor obligasi menghadapi kerugian besar. Negara dan perusahaan minyak milik negara tersebut memiliki tunggakan sebesar $ 1,7 miliar. Meskipun ada sedikit harapan bahwa pemerintah akan dapat mencapai kesepakatan restrukturisasi di tengah sanksi A.S. yang melarang investor membeli sekuritas baru Venezuela, seperti dilaporkan Bloomberg, Sabtu (10/3).

Namun investor sepertinya sudah lelah menanti perubahan dalam pemerintahan atau perkembangan lain yang memungkinkan dimulainya kembali pembayaran. Kerugian bagi pemegang obligasi kemungkinan akan melebihi 65 persen, Jaime Reusche, seorang pejabat kredit senior di Moody's, menulis dalam laporan tersebut.

"Semakin memburuknya kapasitas pembayaran Venezuela akan menyebabkan kerugian besar bagi pemegang obligasi," katanya. Apalagi negara itu masih gagal membayar bunga atas berbagai obligasi yang ditambah dengan jatuh tempo utang pokok yang akan datanng. "Kesenjangan pendanaan luar negeri yang besar dan semakin berkurangnya sumber pembiayaan menyiratkan bahwa pembayaran hutang yang akan datang akan kembali terlewatkan," kata Reusche. 


Editor: Rosyid

Rosyid
10-03-2018 19:01