Main Menu

Alek Minassian Pelaku Teror Serangan Van Maut di Pedestrian Sibuk Toronto

Rohmat Haryadi
24-04-2018 12:02

Korban tabrakan maut Toronto akibat van yang dikemudikan Alek Minassian (insert) (Reuters) 

Toronto, Gatra.com -- Polisi Toronto mengonfirmasi sepuluh orang tewas, dan 15 orang terluka setelah sebuah van putih menghantam pejalan kaki di Toronto, Kanada. Sebuah video menunjukkan pejalan kaki membantu setidaknya salah satu korban, dan menunjukkan arah van kabur ke mobil polisi yang lewat.

 

Tabrakan terjadi di persimpangan yang sibuk. Van melarikan diri dari tempat kejadian setelah insiden di persimpangan Yonge Street dan Finch Avenue, demikian laporan penyiar CBC. Insiden itu terjadi pukul 13:30 waktu setempat (18:30 GMT) pada Senin, 23 April 2018. Polisi Toronto mengatakan pengemudi van tersebut ditahan tetapi mereka tidak memberikan rincian tentang usia, jenis kelamin atau motif yang mungkin. Dari foto penangkapan nampak lelaki botak dibekuk polisi.

Belakangan diketahui pengemudi itu adalah, Alek Minassian, 25 tahun, mahasiswa ilmu Komputer di Seneca College, Toronto. Minassian yang berasal dari Richmond Hill, Ontario kini berada dalam tahanan. Minassian ditangkap di sebuah van sewaan putih kurang dari 30 menit setelah polisi menerima panggilan 911. Pihak berwenang mengatakan Minasian meninggalkan jejak kehancuran hampir satu mil panjangnya, di sebelah utara pusat kota Toronto.

Seorang saksi yang mengemudi ke arah berlawanan pada saat itu mengatakan kepada media setempat bahwa van itu sedang melaju dengan kecepatan tinggi di trotoar. Dia berkata: "Dia mulai turun di trotoar dan menghancurkan orang-orang satu demi satu." Saksi mengatakan dia melihat kendaraan menyerang seseorang dengan kereta dorong.

"Dia baru saja menghancurkan begitu banyak orang," katanya. "Setiap hal yang menghalangi jalannya." Petugas paramedis Toronto menyarankan orang-orang untuk tetap keluar dari area Yonge Street dekat Finch dan Sheppard Avenue.

Walikota Toronto, John Tory menyebutnya "insiden yang sangat tragis". Dia menambahkan dia telah "menawarkan semua bantuan yang bisa diberikan kota kepada polisi untuk membantu penyelidikan ini".

Sunnybrook Hospital, yang menerima setidaknya tujuh pasien dari tempat kejadian, mengeluarkan pernyataan berikut: "Menyusul insiden yang melibatkan sebuah van yang menabrak sejumlah pejalan kaki di daerah Yonge dan Finch, Sunnybrook Health Sciences Center telah menerima tujuh pasien dari adegan di Trauma Center-nya.

"Departemen Gawat Darurat Sunnybrook dikunci sebagai tindakan pencegahan tambahan dan akses ke Kampus Bayview sedang dikontrol. Sunnybrook telah mengaktifkan Pusat Operasi Darurat Rumah Sakit (HEOC) dan bertemu saat ini untuk memastikan tempat tidur tersedia bagi yang terluka," katanya.


Editor: Rohmat Haryadi

Rohmat Haryadi
24-04-2018 12:02