Main Menu

Trump Batalkan Pertemuan Dengan Kim Jong Un

Bernadetta Febriana
24-05-2018 22:34

Presiden Amerika Serikat Donald Trump.(Reuters/re1)

Jakarta, gatra.com- Presiden Amerika Serikat Donald Trump secara resmi menyatakan pertemuan dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dibatalkan. Pertemuan itu dijadwalkan akan berlangsung 12 Juni mendatang di Singapura.

Pembatalan tersebut disampaikan oleh Trump kepada Jong Un lewat sebuah surat resmi. Dalam surat itu, Trump menyatakan tidak pantas pertemuan di Singapura itu dilakukan mengingat pernyataan-pernyataan Un beberapa waktu belakangan yang digambarkan “penuh kemarahan dan membuka permusuhan”, seperti dilansir dari CNN.

Trump menyatakan Jong Un berkoar-koar akan kemampuan nuklir Korea Utara seperti melupakan bahwa Amerika Serikat pun juga memiliki nuklir namun lebih masif dan kuat. “Saya berdoa semoga nuklir ini tidak akan pernha digunakan,”ujar Trump.

Presiden Amerika Serikat ini juga mengakui bahwa sebenarnya dialog yang sangat bagus dengan Jong Un sudah terbangun dan dialog tersebut adalah hal yang sangat penting. Trump juga mengucapkan terima kasih atas pembebasan 3 warga negara AS yang dilakukan oleh Jong Un beberapa waktu lalu.

Namun demikian, Trump masih mengharapkan apabila suatu saat nanti Jong Un berubah pikiran dan mau melakukan pertemuan dengan dirinya. “Karena kesempatan yang telah hilang ini adalah sebuah kejadian yang cukup menyedihkan dalam sejarah,” tutup Trump dalam suratnya.


Editor : Berandetta Febriana

Bernadetta Febriana
24-05-2018 22:34