Main Menu

UNICEF Bantu Anak-anak Korban Topan Haiyan Filipina

Tian Arief
11-11-2013 11:26

New York, GATRAnews - Dana Anak PBB (UNICEF) memberikan bantuan darurat ke daerah di Filipina yang diporak-porandakan Topan Super Haiyan, pada Jumat (8/11). Empat juta anak diperkirakan turut menjadi korban bencana tersebut.

Bantuan itu berupa makanan dan obat-obatan untuk anak-anak, air, dan perangkat kesehatan untuk mendukung 3.000 keluarga di daerah mungkin belum tersentuh bantuan di negeri tersebut. Sementara itu, pembagian bantuan dipusatkan di Daerah Tacloban. Demikian pernyataan badan dunia itu, dalam siaran pers yang dikeluarkan di Markas PBB, New York, Minggu (10/11).

"Kami bergegas untuk mengirim pasokan penting kepada anak yang menanggung beban krisis ini," kata Wakil UNICEF Filipina, Tomoo Hozumi.

"Mencapai daerah yang paling parah sangat sulit, dengan akses terbatas akibat kerusakan yang ditimbulkan oleh topan tersebut pada prasarana dan komunikasi. Namun kami bekerja sepanjang waktu untuk menemukan cara membawa pasokan ini kepada anak-anak sesegera mungkin jika keadaan memungkinkan," kata Hozumi, sebagaimana dikutip Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Senin pagi (11/11).

Topan kuat yang menerjang seluruh Filipina pada Jumat itu merupakan topan paling kuat yang pernah terjadi, meninggalkan jalur kerusakan di beberapa pulau di Filipina Tengah, sehingga Tacloban, yang berada di pesisir, berubah menjadi kota puing. Menurut perkiraan awal yang belum dikonfirmasi, sebanyak 10.000 orang tewas.

Gudang UNICEF di Kopenhagen, Denmark, mengangkut bantuan senilai 1,3 juta dolar AS melalui udara. Bantuan itu untuk 10.000 keluarga di Filipina, termasuk mereka yang terkena dampak gempa bumi, belum lama ini di Bohol. (TMA){jcomments on}

Tian Arief
11-11-2013 11:26