Main Menu

Utang Luar Negeri Tiongkok Naik jadi 1,68 Triliun dolar

Dani Hamdani
06-10-2015 19:55

Utang luar negeri Tiongkok naik (AFP/Rolex Dela Pena)

Beijing, GATRANews - Utang luar negeri Tiongkok alias China menetap di sekitar 1,68 triliun dolar Amerika Serikat pada akhir Juni, naik sedikit sebesar 6,9 miliar dolar Amerika Serikat dari akhir Maret, sebagaimana ditunjukkan data dari regulator valuta asing negara itu, Jumat, 2/10/15.

 
 
Sebagian besar utang kepada kreditor asing itu (sekitar 70 persen) dihasilkan dari pinjaman jangka pendek, seperti utang luar negeri dengan jangka waktu satu tahun atau kurang sebesar sekitar 1,17 triliun dolar Amerika Serikat.

 
Sementara sisanya merupakan utang luar negeri jangka panjang dan menengah sebesar 510 miliar dolar Amerika Serikat, dalam pernyataan di situs web State Administration of Foreign Exchange.

 
Dalam struktur mata uang, utang tersebut berdenominasi dalam dolar Amerika Serikat, 80 persen, dan dalam euro dan yen Jepang, masing-masing enam persen dan empat persen.

 
Jumlah 1,68 triliun dolar Amerika Serikat itu tidak termasuk utang luar negeri dari daerah administrasi khusus Hong Kong dan Makau, kata SAFE. 
 

Sementara itu, seperti dilaporkan Bloomberg News, cadangan devisa Tiongkok turun sebesar 93,9 miliar dolar AS pada bulan Agustus, menjadi 3,56 triliun dolar AS. Penurunan cadangan devisa itu dilakukan karena Beijing menjual dolar untuk mendukung mata uangnya menyusul kegelisahan atas devaluasi tak terduga pada bulan itu. 


Editor: Dani Hamdani 

Dani Hamdani
06-10-2015 19:55