Main Menu

Tiongkok Kembali Bangun Kapal Induk

Dani Hamdani
01-01-2016 14:07

Kapal Induk Cina Liaoning, 6 Juli 2014 (AFP)

Beijing, GATRANews - Tiongkok membangun kapal induk kedua, ungkap Kementerian Pertahanan negara tersebut, Kamis. "Kapal induk itu tengah dibangun keseluruhannya dengan rancang bangun dalam negeri," kata juru bicara Kemenhan Yang Yujun, dengan menambahkan bahwa kapal induk tersebut dibangun di Dalian, pelabuhan di wilayah utara.

 

Kepastian resmi tersebut dibuat setelah beredar kabar selama berbulan-bulan dan beberapa bocoran dari pejabat militer.

Kapal induk pertama Tiongkok, Liaoning, merupakan kapal bekas Soviet yang dibangun lebih dari 25 tahun lalu. Kapal itu mulai beroperasi pada 2012 setelah mengalami perbaikan total.
 
Kapal baru dengan bobot 50.000 ton itu akan menggunakan "tenaga konvensional", kata Yang, bukan bertenaga nuklir. Dia akan bisa mengangkut pesawat J-15 asli Tiongkok serta pesawat-pesawat lain, demikian dikutip dari AFP.
 

"Disain dan konstruksi kapal induk kedua ini mengadopsi keunggulan dan berdasar riset dan pelatihan dari Liaoning," ujar Yang. Menurutnya, ada banyak seklai perbaikan dan pengembangan dari pendahulunya.

 

Rencana pembuatan kapal induk ini, seperti dilaporkan AFP, disambut baik masyarakat Cina, paling tidak tergambar dari Sina Weibo (twitter-nya Cina). 

"Ini sungguh hadiah tahun baru yang indah buat tanah air," ujar seorang pengguna Sina Weibo.

 

Angkatan bersenjata Cina beberapa kali terlibat konfrontasi dengan tetangganya, khususnya Jepang dan Filipina. Perselisihan pulau di laut timur dan laut Cina selatan tak jarang menimbilkan bentrok kekuatan.

 

Dengan Jepang Cina berselisih soal status pulau Senkaku, atau Cina menyebutnya pulau Diaoyu. Jepang seringkali menerbangkan pesawat tempur ke sekitar pulau sengketa tersebut sebagai respond atas kelakuan pesawat Cina. Di sisin lain Jepang memiliki kerjasama miiter dengan Amerika Serikat, yang membuat Cina lebih hati-hati dan terus meningkatkan kekuatan miiternya di laut.

 

"Sebetulnya kapasitas militer Cina di kawasan Asia sudah sangat besar, kapal induk ini hanya menambah superioritas saja," ujar Steve Tsang, guru besar Cina dari University of Nottingham, pada AFP.


Editor: Dani Hamdani 


Klik www.gatra.com/telkomsel untuk daftar online kartuHalo Telkomsel tanpa harus datang ke kantor GraPARI
Dani Hamdani
01-01-2016 14:07