Main Menu

PNS Kazakhstan Dilarang Bawa Ponsel Pintar di Kantor

Dani Hamdani
18-03-2016 18:59

Ilustrasi penggunaan ponsel di Kazakhstan (tengrinews/AFP)

Astana, GATRANews - Pegawai Negeri Kazakhstan dan tamu mereka harus meninggalkan semua ponsel pintarnya di pintu masuk gedung mulai 24 Maret. Mereka masih boleh ke kantor tapi hanya menggunakan ponsel jadul, tanpa kamera danhanya bisa dipakai untuk pesan singkat (SMS).

 

"Ini merupakan kebijakan baru yang bertujuan mencegah terjadinya kebocoran dokumen-dokumen sensitif," demikian dikutip dari dokumen yang bocor pada Kamis waktu setempat.

 

Memo itu menyebutkan "kasus yang kini meningkat adalah kebocoran informasi rahasia lewat aplikasi daring WhatsApp".

 

Karena itu memerintahkan semua pegawai negeri sipil untuk hanya menggunakan ponsel sederhana tanpa kamera dan akses Internet, demikian dikatakan dua sumber pemerintah seperti dilaporkan Antara.

 

Dokumen lengkap memo tersebut telah bisa diakses di laman Tengrinews.kz.

 

Dokumen-dokumen yang bocor biasanya muncul di media massa Kazakhstan dan contoh terbaru adalah memo rencana privatisasi dan revisi anggaran BUMN yang terkait dengan devaluasi tajam tenge, serta video tentang kasus pembunuhan. 

 

Kazakhstan merupakan salah satu negara di Asia Tengah yang merupakan pecahan dari Uni Soviet. Menurut analist J'son & Partners, Kazakhstan merupakan negara dengan pengguaan Internet mobil paling populer dibanding negara negara pecahan Soviet bahkan di banding Rusia.

 

Seperti dilaporkan situs berita Tengrinews, penetrasi Internet di Kazakhstan mencapai 67%. Dia berada nomor dua dibanding Armenia (68%) dan mengalahkan Rusia yang baru 63%. Artinya dua dari tiga penduduk Kazakhstan sudah terkoneksi Internet. 


Editor: Dani Hamdani 

Dani Hamdani
18-03-2016 18:59