Main Menu

Xi Jinping: Dunia Berharap Pertemuan G-20 Beri Solusi Krisis Global

Januar
05-09-2016 13:17

Presiden Tiongkok Xi Jinping (AFP/Mark Schiefelbein/HR02)

Jakarta, GATRAnews - Para pemimpin dari negara-negara 20 ekonomi terbesar dunia menginginkan pertemuan yang berlangsung di Cina saat ini menghasilkan keputusan penting untuk mengatasi krisis ekonomi global saat ini. Pasalnya, dalam beberapa tahun terakhir pertumbuhan ekonomi global terus dikoreksi menurun dari prakiraan sebelumnya.

 

Perdana Menteri Cina, Xi Jinping mengatakan pertumbuhan ekonomi saat ini merupakan hal krusial yang harus dicapai. Menurutnya rendahnya nilai perdagangan dunia, turunnya penerimaan baja dan keluarnya Inggris Raya dari Eropa menjadi pembahasan yang utama dibahas dalam pertemuan G20. 

 

"Banyak lembaga-lembaga internasional sangat berharap pertemuan G20 di Hangzhou dapat memberi keputusan penting untuk menghadapi risiko dan dan tantangan ekonomi global ini," kata Xi seperti dikutip dari BBC, Senin (5/9).

 

Selain itu, Kanselir Jerman, Angela Merkel mengatakan para pemimpin G20 telah sepakat bahwa masing-masing negara harus bekerja sama untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Namun, ia menilai hal tersebut perlu upaya keras dari masing-masing negara untuk meningkatkan produktivitasnya.

 

International Monetary Fund (IMF) memperkirakan pertumbuhan ekonomi global diperkirakan akan melambat tahun ini. IMF telah menurunkan perkiraan pertumbuhan sebesar 3,1% pada 2016 dan 3,4% pada 2017. Perlambatan tersebut salah satunya dipengaruhi Brexit.

 

Presiden Amerika Serikat, Barac Obama menyatakan simpatinya atas keputusan yang diambil Inggris Raya dalam Brexit. Meskipun, ia menambahkan Brexit berdampak semakin tertutupnya investasi dan perdagangan dengan Inggris Raya.


Reporter: Januar Rizki

Editor: Dani Hamdani 

Januar
05-09-2016 13:17