Main Menu

Abang Kim Jong-un Diracun di Malaysia

Rosyid
14-02-2017 21:35

Kim Jong Nam, kakak tiri, penguasa Korea Utara, tewas di Kualalumpur, Senin, 13 Februari 2017. Foto Jong Nam di Macau 30 Januari 2007 (Yomiuri Shimbun, AFP )

Kuala Lumpur, GATRANews - Polisi Malaysia mengkonfirmasi Kim Jong-nam, abang tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-un tewas dalam perjalanan dari bandara internasional Kuala Lumpur ke rumah sakit Senin (13/2).

 

Petugas ruang gawat darurat RS Putrajaya mengatakan jasad Kim sekarang berada di ruang forensik menunggu pemeriksaan postmortem, demikian dilaporkan laman theguardian.


Menurut media Korea Selatan, pria 45 tahun itu tewas diracun dua agen rahasia Korea Utara yang beroperasi di bandara Kuala Lumpur. Menurut TV Korea Selatan Chosun, Kim Jong-nam diserang dengan jarum beracun oleh dua wanita. The Guardian mengaku belum bisa memverifikasi laporan tersebut.


[column_item col="3"]

Baca juga: Kemlu Cek Kebenaran WNI Jadi Terduga Pembunuh Adik Kim Jong Un

Baca juga: Tersangka Pembunuh Saudara Kim Jong-un Berpaspor Indonesia

Baca juga: Perempuan Banten Siti Aishah Tersangka Pembunuh Kakak Tiri Kim Jong-un?[/column_item] Kementrian luar negeri Korea Selatan juga jajaran intelijennya belum bisa mengkonfirmasi laporan itu. Jika benar Pyongpyang berada dibalik kematian pria yang pernah tertangkap karena paspor palsu ini, maka akan menjadi catatan tersendiri.

 

Jong-nam merupakan orang paling terpandang setelah Kim Jong-un yang berkuasa. Sebelumnya, orang paling tinggi adalah pamannya, Jang Song-thaek, yang ditangkap dan di eksekusi pada Desember 2013.


Beberapa saat sebelum kematiannya, Kim Jong nam menyerukan agar Kim Jong un melakukan reformasi di Korea Utara. Dia bahkan mengkritik adik tirinya sebagai 'boneka yang dikendalikan orang-orang tua teman dekat ayahnya'.

 

Hal itu terungkap dari buku karya wartawan Jepang Yoji Gumi, yang berjudul "Bapakku Kim Jong ill dan Aku".



Kim Jong Ill diketahui memiliki tiga orang anak. Satu anak dari istri kedua, dan dua anak dari istri ketiga.

 

Kim Jong-nam adalah putra tertua Kim Jong-il, ayah Kim Jong-un. Meskipun menjadi putra tertua, dia tidak memiliki jabatan formal apapun dan tidak terlibat dalam pemerimtahan Korea Utara. Dia lebih banyak tinggal di Jepang dan China.



Dia pernah tertangkap berusaha masuk Jepang  dengan paspor palsu. Ironisnya hal tersebut dilakukan Kim Jong Nam hanya untuk mengunjungi Disney Land di Tokyo. 


Editor: Rosyid

Rosyid
14-02-2017 21:35