Main Menu

TMP Seroja Jadi Pemicu Semangat Patriot Muda Indonesia

Wanto
03-02-2018 11:29

TMP Seroja di Baucau, Timor Leste. (Dok. Youtube/TNI AD/FT02)

Dili, Gatra.com - Mantan panglima TNI Gatot Nurmantyo meminta patriot dan Kesatria Muda Indonesia mencontoh suri tauladan para pahlawan yang gugur di medan perang.

 

Hal tersebut diutarakannya saat mengunjungi Taman Makam Pahlawan (TMP) Seroja sekaligus farewell visit, di Dili, Timor Leste, Jumat, (2/2). 

“Setelah 17 tahun tidak terawat dan hampir serupa dengan hutan, TMP Seroja selesai di renovasi menjelang HUT TNI 2017, 5 Oktober lalu. Dikerjakan 40 tenaga kerja sipil dan 1 Pleton Zeni Tempur (ZIPUR) selama 8 x 24 jam,” kata Gatot.

Gatot menyampaikan bahwa di tengah pusara Taman Makan Pahlawan terbaring prajurit terbaik TNI yang gugur karena tugas negara.

“Mereka rela mengorbankan jiwa dan raganya. Dimakamkan di sini tanpa famili, sanak saudara, istri, anak, ayah, dan ibu. Bahkan hingga kini sangat sedikit diantara mereka yang bisa berziarah,” kata Gatot.

TMP Seroja merupakan satu-satunya TMP sebuah negara yang berada di negara lain. 

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai para pahlawanya. Inisiasi renovasi TMP Seroja saya lakukan September 2017 tidak lain tidak bukan hanya demi menghormati jasa para pejuang yang gugur dalam mengemban tugas negara dalam masa 1975-1999 di Timor Leste,” kata Gatot.

TMP Seroja di Timor Leste bertempat di dua lokasi yaitu Bacau dan Dili. Dihadapan para pejuang yang terbaring di TMP Seroja, Gatot menghimbau para patriot-patriot dan kesatria muda Indonesia untuk mencontoh suri tauladan para pahlawan terdahulu.


Reporter: Wanto

Editor: Anthony Djafar

 

Wanto
03-02-2018 11:29