Main Menu

Ditangguhkan, Bos Samsung Bebas dari Penjara

Birny Birdieni
05-02-2018 18:20

Lee Jae-yong (tengah) dikawal petugas (Reuters/Chung Sung-Jun/yus4)

Seoul, Gatra.com- Pengadilan Korea Selatan telah membebaskan dan menangguhkan hukuman lima tahun penjara pewaris Samsung, Lee Jae-yong karena telah menyuap mantan presiden Park Geun-hye. Dalam persidangan Senin (5/2), pengadilan mengurangi separuh vonis awal Wakil Pimpinan Samsung Grup itu menjadi dua setengah tahun. Juga menangguhkan hukuman atas tuduhan penyuapan dan penggelapan. Dengan demikian dia tidak harus menjalani hukuman penjara lagi.

 

Dilansir dari BBC, Pengadilan Tinggi Seoul menguatkan sebagian keputusan tersebut. Namun menggunakan kebijaksanaan untuk membebaskan eksekutif tersebut. Jaksa pun memiliki kesempatan untuk menantang keputusan pengadilan tertinggi negara itu. Meskipun dibebaskan, menurut Pengacaranya, Lee berencana akan mengajukan banding atas vonis bersalah lain dia. 

 

Tahun lalu, Pengadilan lebih rendah memvonis Lee bersalah atas skandal politik dan suap kepada Park Geun-hye. Pria berusia 49 tahun itu dituduh memberikan donasi senilai 41 milyar won atau senilai US$ 37,7 juta kepada yayasan non-profit yang dioperasikan Choi Soon-sil, teman Park atas ucapan bantuan politiknya. 

 

Skandal tersebut membuka hubungan antara konglomerat keluarga dan kekuatan politik. Kasus tersebut mencengkeram masyarakat di tengah kemarahan yang meningkat terhadap perusahaan-perusahaan terbesar di negara itu atau dikenal sebagai "chaebols"

 

Samsung Electronics merupakan permata di mahkota konglomerat Grup yang terdiri dari 60 perusahaan terafiliasi itu. Lee secara efektif telah memimpin samsung sejak ayahnya, Lee Kun-hee tak mampu memimpin setelah mengalami serangan jantung pada tahun 2014.

 

Jaksa mengatakan sumbangan tersebut diberikan kepada Park untuk mendapatkan dukungan pemerintah dalam restrukturisasi Samsung yang akan memperkuat kendali Lee di Samsung Electronics. Namun tim pembela Lee mengatakan bahwa pembayaran ditandatangani tanpa sepengetahuannya. Lee mengakui bahwa perusahaan tersebut juga memberi kuda dan uang untuk membantu karir berkuda anak perempuan Choi, Chung Yoo-ra, namun menolak untuk mencari bantuan.

 

 


Editor : Birny Birdieni

Birny Birdieni
05-02-2018 18:20