Main Menu

Wapres JK Letakkan Batu Pertama Klinik IIC di Kabul

Anthony Djafar
01-03-2018 08:03

Wapres Jusuf Kalla sholat sunah Tahiyatul Masjid di masjid As Salam, Kabul, Afghanistan. Foto: Setwapres.

Kabul, Gatra.com - Usai menghadiri pembukaan Konferensi Proses Kabul Kedua untuk Kerja Sama Perdamaian dan Keamanan di Istana Char Chinar, Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla menuju Indonesia Islamic Center (IIC) dengan kendaraan mobil yang terletak di Jl. Ahmad Shah Baba Mina Disrtik 12 Kabul.


Tampak sepanjang jalan, masyarakat setempat berdiri menyaksikan rangkaian kendaraan yang melintas di jalan, sesekali melambaikan tangannya.

Setelah menempuh perjalanan darat kurang lebih empat puluh menit, Wapres di sambut masyarakat dan ulama setempat berikut spanduk ucapan selamat datang dalam tulisan arab.

“Selamat datang,” ucap anak-anak dan masyarakat negeri para mullah dengan lafal bahasa Indonesia sangat fasih menyambut orang nomor dua di Indonesia ini.

Wapres kemudian menuju tempat peletakan batu pertama klinik IIC, didampingi Menteri Luar Negeri Retno L Marsudi dan Duta Besar RI.

Selesai peletakan batu pertama, Wapres beranjak ke tempat wudhu untuk persiapan sholat sunah Tahiyatul Masjid di Masjid As Salam yang telaknya beberapa langkah dari klinik IIC. 

Sebelum masuk masjid, Wapres memakai tutup kepala khas negeri pata mulah yang dikenal dengan sebutan Turban pemberian dari ulama setempat.

Usai sholat sunah, Wapres sempat berbincang-bincang dengan para ulama-ulama yang turut hadir pada saat itu. 

“Ya ini selain tempat untuk beribadah, juga untuk tempat persahabatan,” kata Wapres kepada awak media sebelum menuju kantor KBRI. 

IIC merupakan wujud komitmen pemerintah Indonesia dalam membantu proses perdamaian dan rekonsiliasi di Afghanistan.

Sebagai tambahan informasi Masjid As Salam dan klinik IIC dibangun oleh Indonesia diatas lahan 10.000 Ha yang di hibahkan oleh pemerintah Afghanistan.


Editor: Anthony Djafar

Anthony Djafar
01-03-2018 08:03