Main Menu

Xi Jinping Jadi Presiden Seumur Hidup

Bernadetta Febriana
11-03-2018 22:02

Xi Jinping ( REUTERS/Damir Sagolj/yus4)

Jakarta, Gatra.com - Xi Jinping akan menjadi presiden Cina seumur hidup, setelah pembatasan periode jabatan mulai diberlakukan di negara Tirai Bambu itu sejak 1990. Kongres Rakyat Nasional memutuskan untuk menghilangkan pasal dalam konstitusi mengenai hal itu pada pertemuan tahunannya yang dilakukan Minggu ini di Beijing.

 

Dikutip dari BBC, voting yang dilakukan 2.964 anggota kongres menghasilkan 2 delegasi menolak dan 3 abstain sementara sisanya mendukung keputusan tersebut. Tak heran, status tukang stempel melekat pada Kongres Rakyat Cina, badan legislatif yang di atas kertas punya kekuatan, namun pada prakteknya tidak demikian.

 

Jinping seharusnya mengakhiri masa jabatannya pada 2023. Namun, pada Kongres Partai Komunis yang dilakukan pada Oktober tahun lalu, Jinping sama sekali tidak membawa sosok potensial pengganti dirinya. Ia malah kemudian melakukan konsolidasi kekuatan di partai tersebut.

 

Para pendukung Jinping menyatakan bahwa keputusan untuk menghilangkan pembatasan jabatan itu akan membuat Jinping terhindar dari status 'bebek lumpuh' pada periode kedua kepemimpinannya dan membuat pria berusia 64 tahun itu bisa memperkuat dan melaksanakan agenda-agenda besarnya, seperti memperkuat militer, mengurangi jumlah kemiskinan, perlawanan terhadap korupsi dan juga memperbaiki pertumbuhan ekonomi. 

 

Hanya saja, suara kontra tetap bermunculan, utamanya dari pihak media yang merasakan betul kekuasaan tanpa batas pemerintahan Jinping, yang malah membatasi media dengan melakukan sensor ketat. 

 

Pengamat dari Universitas Oxford, Patricia Thornton menyatakan bahwa dari keputusan tersebut semakin terlihat kegagalan Jinping untuk melakukan pembagian kekuasaan. "Juga menggambarkan bahwa pada dasarnya Jinping ternyata orang yang khawatir dengan penolakan dan sikap oposisi beberapa orang di partai," kata profesor Chinese Politics ini sebagaimana dikutip The New York Times.


Editor : Bernadetta Febriana 

 

 

 

 

 

Bernadetta Febriana
11-03-2018 22:02