Main Menu

Cina Siapkan Program Pengentasan Kemiskinan di Propinsi Padat Muslim

Rosyid
12-03-2018 10:25

Aktivitas di kota tua Kashgar, Xinjiang, China. (REUTERS/Thomas Peter/re1)

Urumqi, Gatra.com - Xinjiang, salah satu propinsi mayoritas muslim di China sedang menyiapkan skema penanggulanan kemiskinan di 22 daerah paling miskin.

 

Xinjiang yang terletak di Cina bawat laut berbatasan dengan negara-negara Asia Tengah, telah lama menjadi fokus operasi keamanan. Beijing menerapkan operasi besar-besaran paska kekerasan etnik yang ditudingkan pada ekstremis Uighur.

 

Menurut kantor berita Xinhua, Minggu (11/3), prgoram pengentasan kemiskinan berdurasi tiga tahun akan menargetkan sejumlah kabupaten di Xinjiang seperti Kashgar, Hotan, Kizilsu  dan Aksu. Tahun ini ditargetkan 400.000 warga miskin bisa dientaskan. Para petugas akan dikirim ke 192 daerah di kabupaten tersebut  hingga 2020 untuk menciptakan lapangan pekerjaan bagi warga miskin di empat kabupaten itu. 

 

Xinhua tidak menyebutkan berapa anggaran yang disiapkan untuk program itu, namun menyebutkan bahwa pemerintah daerah telah mengalokasikan dana pengentasan kemiskinan sebesar 6,1 miliar Yuan  tahun lalu. Dimana 80 persen diantaranya masuk ke empat kabupaten itu.  Partai Komunis China ingin meningkatkan pendapatan warganya diatas garis batas kemiskinan yaitu 2300 Yuan pertahun pada 2020. 

 

Ratusan orang tewas di Xinjiang akibat konflik antar etnis Uighur yang merupakan penduduk asli Xinjiang dengan etnis Han yang merupakan pendatang.  Etnis Han adalah mayoritas di Cina.  Kekerasan paling sengit terjadi dikawasan selatan Xinjiang yang didominasi suku Uighur.


 

Editor: Rosyid

Rosyid
12-03-2018 10:25