Main Menu

Pesawat Jatuh di Nepal, 49 Tewas

Bernadetta Febriana
13-03-2018 05:13

Evakuasi korban kecelakaan pesawat US-Bangla di bandara Kathmandu, Nepal. (12/03). (REUTERS/Navesh Chitrakar/FT02)

Jakarta, Gatra.com -Sebuah pesawat US-Bangla milik Bangladesh, jatuh di bandara Kathmandu, Nepal, Senin (12/03) dan menewaskan sedikitnya 49 orang sementara 22 lainnya menderita luka.

 

Kecelakaan pesawat bernomor penerbangan BS211 ini nampaknya dikarenakan miskomunikasi antara pilot dan ATC. Pihak maskapai menuding ATC tidak memberikan pengarahan yang jelas landasan mana yang harus didarati oleh pesawat ini, sementara pihak ATC menyebutkan pilot pesawat tersebut yang keliru mengikuti petunjuk ATC.

 

Seperti dikutip dari BBC, dalam rekaman percakapan antara pilot dan ATC beberapa menit sebelum melakukan pendaratan, terdengar jelas adanya ketidakjelasan antara kedua pihak, dimana ATC memerintahkan kepada pilot untuk kembali lagi. Perdebatan siapa yang menjadi penyebab kecelakaan fatal ini membuat Perdana Menteri Nepal Sharma Oli menjanjikan investigasi yang akan dilakukan secepatnya. 

 

Pesawat naas ini adalah jenis Bombardier Dash 8 Q400 turboprop dan berumur 17 tahun. Penerbangan dari Dhaka menuju Khatmandu ini membawa 67 penumpang dan 4 awak pesawat, terdiri dari 33 orang warganegara Nepal, 32 warga Bangladesh, seorang warga Tiongkok dan satu orang berkewarganegaraan Maladewa.


Editor : Bernadetta Febriana

Bernadetta Febriana
13-03-2018 05:13