Main Menu

Najib Terima Kekalahan Barisan Nasional

Bernadetta Febriana
10-05-2018 14:15

Perdana Menteri Malaysia Najib Razak.(Reuters/re1)

Jakarta, gatra.com - Perdana Menteri Malaysia Najib Razak, menerima kekalahannya dari Mahatir Muhammad pada Pemilu di Malaysia yang berlangsung kemarin. Ini adalah pertama kalinya Barisan Nasional mengalami kekalahahn sejak 60 tahun tak tergoyahkan menguasai pemerintahan Malaysia.

Najib menyatakan ia menerima kekalahan itu dan menghormati pilihan masyarakat Malaysia. "Saya dan kawan-kawan menerima (kekalahan) ini, karena ini merupakan pilihan masyarakat Malaysia. Barisan Nasional berkomitmen untuk menghormati prinsip-prinsip demokrasi yang berlaku," ujar Najib dalam sebuah konferensi pers, Kamis (10/05) seperti yang diberitakan ABC.

Hanya saja, Najib menyatakan bahwa sebenanrnya belum jelas siapa yang akan menggantikannya sebagai Perdana Menteri, karena pemenang pemilu kali ini adalah partai koalisi, bukan partai tunggal seperti halnya Barisan Nasional. "Akan diserahkan kepada aturan negara (yang berbentuk Monarki Konstitusional) ini untuk menentukan siapa yang akan jadi pemimpin pemerintahan negara inki," kata Najib.

Tersiar kabar, bahwa Mahatir hanya akan memerintah selama 2 tahun, untuk kemudian selanjutnya diserahkan kepada Anwar Ibrahim. Anwar sampai saat ini masih harus menjalani masa hukumannya terkait kasus sodomi.

Mahatir sendiri sebenarnya menginginkan dirinya dilantik hari ini juga. Untuk bisa dilantik, Mahatir masih harus menunggu surat penunjukan yang ditandatangani oleh Yang Dipertuan Agong. Hanya saja, juru bicara Istana mengatakan bahwa Mahatir tidak akan dilantik pada hari ini tanpa menjelaskan alasannya.


Editor : Bernadetta Febriana

Bernadetta Febriana
10-05-2018 14:15