Main Menu

Osaka Diguncang Gempa

Sandika Prihatnala
18-06-2018 12:07

Rumah penduduk yang runtuh akibat gempa (Mandatory credit Kyodo/via REUTERS/yus)

Osaka, Gatra.com - Gempa berkekuatan 5,9 magnitudo sejauh ini menewaskan tiga orang. Sementara 90 orang dinyatakan luka – luka. Otoritas badan kebencanaan Jepang, seperti dikutip dari Associated Press (AP) menyebut gempa yang mengguncang Osaka pada Senin (18/6) pagi tergolong gempa yang kuat.

 

Badan Meteorologi Jepang menyebut gempa yang berkekuatan 5,9 magnitudo dengan pusat kedalaman 10 km itu dinyatakan tidak berdampak tsunami. Namun, dilaporkan menimbulkan korban tewas sebanyak 3 orang.

Dua diantara tiga korban tewas merupakan seorang kakek berusia 80 tahun dan anak perempuan berusia Sembilan tahun. Korban diduga tewas akibat tertimpa dinding yang runtuh.
Kantor berita Kyodo mewartakan, korban tewas gadis berusia 9 tahun terjebak reruntuhan tembok di sebuah fasilitas renang. Namun, pihak kepolisian setempat belum bisa mengonfirmasi laporan dari media.

"Pemerintah bekerja dengan prioritas utama menyelamatkan nyawa korban," kata Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. Abe menginstruksikan seluruh pihak untuk mengumpulkan informasi mengenai kerusakan secara cepat. Kepada AFP, polisi setempat belum menerima laporan kerusakan substansial.

Shinzo Abe saat ini sedang menaksi kerusakan dan memprioritaskan keselamatan warga. Namun, gempa telah menyebabkan pemadaman listrik bagi ribuan rumah dan operasi kereta ditangguhkan selama jam sibuk pada pagi hari. Gambar yang diunggah di Twitter menunjukkan papan petunjuk di stasiun kereta jatuh dan buku-buku dan botol minuman terlempar dari rak di sebuah toko.


Editor : Sandika Prihatnala

Sandika Prihatnala
18-06-2018 12:07