Main Menu

Unida Gontor Tuan Rumah Konferensi Internasional AAUF

Anthony Djafar
14-07-2018 07:11

Wapres Jusuf Kalla menerima Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Darussalam (YPTD), KH Akrim Mariyat dan rombongan. (Dok. Setwapres/re1)

Artikel Terkait

Jakarta, Gatra.com - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla menerima Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Darussalam (YPTD), KH Akrim Mariyat, di Kantor Wapres Jl. Merdeka Utara Jakarta, Jumat sore, (13/7).


KH Akrim bersama Wakil Rektor II Universitas Darussalam (Unida) Gontor Setiawan bin Lahuri dan perwakilan Gontor Akrimul Hakim melaporkan perkembangan Pondok Pesantren Gontor. Selain itu mengungkapkan bahwa dalam waktu dekat ini, Unida Gontor akan menjadi tuan rumah Konferensi Internasional Afro-Asian University Forum (AAUF) yang akan digelar pada 21 - 23 Juli 2018 di Kampus Unida Gontor dan Pondok Moderen Darussalam Gontor Ponorogo, Jawa Timur.

Konferensi yang bertajuk "Perguruan Tinggi di Asia dan Afrika, Dalam Pembangunan Peradaban Manusia", lanjut KH Akrim, akan dibuka oleh Menteri Luar Negeri dan ditutup oleh Menteri Agama.

Usai penutupan, terang KH Akrim, pihaknya memohon kesediaan Wapres untuk dapat menerima 21 Perguruan Tinggi dari luar negeri yang ikut dalam Konferensi Internasional tersebut, dan juga sebagai penggagas AAUF untuk menerima arahan dari Wapres.

"Kami mohon Pak Wapres berkenan memberikan arahan pada 24 Juli 2018 di sini," kata KH Akrim.

Wapres mengapresiasi atas kegiatan pondok pesantren yang berkembang semakin baik dan terhadap permohonan KH Akrim.

"Iya baiklah, tapi koordinasikan dulu dengan pak Oemar," kata Wapres.

Sebagai informasi, AAUF adalah forum yang didirikan oleh 20 Perguruan Tinggi di Asia dan Afrika pada 15 Desember 2016 di Universitas Islam Internasional Islamabad, Pakistan.

Tujuannya adalah, untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di negara-negara Asia dan Afrika, menggalakkan kerjasama antar perguruan tinggi dalam bidang penelitian, pengembangan sains dan pengabdian kepada masyarakat, sebagai upaya untuk berpartisipasi dalam pembangunan peradaban manusia.

Disebutkan bahwa beberapa universitas yang akan hadir pada konferensi tersebut diantaranya Universitas Islam Madinah, Kuwait University, Qatar University, Fatih Sultan Mehmet University, Universiti Sains Islam Malaysia, Marmara University, serta berbagai universitas lainnya baik dari dalam maupun luar negeri.

Turut mendampingi Wapres pada pertemuan tersebut yaitu Kepala Sekretariat Wapres Mohamad Oemar, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Bambang Widianto, Staf Khusus Wapres Bi

Editor: Anthony Djafar

 

Anthony Djafar
14-07-2018 07:11