Main Menu

Korea Utara dan Korea Selatan Sepakati KTT-3 yang Akan Diakan di Pyonyang

Flora Librayanti BR K
14-08-2018 10:20

Kim Jong Un (kiri) dan Moon Jae-in (Reuters/yus4)

Pe

Panmunjom, Gatra.com - Korea Utara dan Korea Selatan sepakat untuk mengadakan pertemuan puncak di Pyongyang pada September nanti. Ini menjadi langkah terbaru dalam hubungan lintas-perbatasan tahun ini setelah pembicaraan tingkat tinggi yang dilakukan keduanya.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in bertemu pada Senin kemarin di perbatasan Panmunjom, di dalam zona demiliterisasi (DMZ) yang memisahkan kedua Korea. Mereka sepakat bahwa KTT berikutnya akan dilaksanakan pada musim gugur mendatang di ibukota Korea Utara. Rencananya, KTT ketiga tersebut akan dipimpin oleh Menteri Unifikasi Selatan Cho Myoung-gyon dan Ri Son Gwon, Ketua Komite Reunifikasi Korea Utara.

Seperti dilansir dari Reuters, hasil dari pembicaraan tersebut kedua belah pihak menyetujui rincian spesifik, termasuk tanggal untuk KTT. Meski demikian mereka menolak untuk menguraikannya dan menyampaikan bahwa penting untuk menghapus rintangan yang mencegah hubungan antar-Korea berjalan seperti yang direncanakan.

KTT berikutnya di Pyongyang akan membantu meningkatkan hubungan lintas batas dengan memungkinkan dua pemimpin untuk membahas denuklirisasi Korea Utara dan bagaimana membangun perdamaian di semenanjung Korea.

Presiden Kim sendiri telah mengadakan sejumlah pertemuan diplomatik dengan para pemimpin Korea Selatan, Cina, dan Amerika Serikat sepanjang tahun ini.


Reporter : YSS
Editor : Flora L.Y. Barus

Flora Librayanti BR K
14-08-2018 10:20