Main Menu

Pengadilan Tinggi India Legalkan Hubungan Seksual Kaum Gay

Mukhlison Sri Widodo
07-09-2018 13:26

Penggiat Gay, Lesbian dan Transeksual di India (REUTERS/Buddhika Weerasinghe/FT02)

New Delhi, Gatra.com - Pengadilan tinggi India telah menghapus larangan hubungan seksual kaum Gay pada hari Kamis (05/09). Selama ini, hubungan seksual kaum gay dianggap tabu oleh banyak orang di negeri Anak Benua itu yang secara sosial masih konservatif, dan pada 2013 dianggap sebagai tindak pidana hingga dikenakan hukum 10 tahun penjara. 

 

Namun, baru-baru ini, lima hakim di Mahkamah Agung India dengan suara bulat membatalkan larangan tersebut. "Setiap hubungan seksual konsensual antara dua orang dewasa yang menyetujui - homoseksual, heteroseksual atau lesbian - tidak dapat dikatakan tidak konstitusional," kata Hakim Agung India, Dipak Misra, saat ia membacakan putusan tersebut seperti yang dikutip dari laman berita Reuters, Kamis (06/9).

“Terima kasih kepada semua yang berjuang untuk ini, menantang prasangka terburuk. Ini adalah hari yang baik untuk hak asasi manusia, ” tulis Meenakshi Ganguly, Direktur Human Rights Watch Asia Selatan di akun Twitternya.

"Ini bukan hanya tentang dekriminalisasi tetapi mengakui hak-hak fundamental kami," ungkap Akhilesh Godi, salah satu pemohon dalam kasus tersebut, sesaat sebelum putusan diumumkan.

Para hakim dalam kasus itu sebelumnya mengatakan bahwa kaum gay di India menghadapi trauma yang mengakar kuat dan hidup dalam ketakutan.

Sebuah hukum yang dikenal sebagai "Bagian 377" telah melarang "hubungan seksual menyimpang tatanan alam dengan pria, wanita, atau hewan apa pun" - yang secara luas ditafsirkan untuk merujuk pada hubungan homoseksual. 


Reporter: CH
Editor: Mukhlison

Mukhlison Sri Widodo
07-09-2018 13:26