Main Menu

Kerjasama Militer Amerika-India, Upaya Menutup Ekspor Minyak Iran

Mukhlison Sri Widodo
07-09-2018 13:53

Ilustrasi - Kerja sama Amerika Serikat dan India (REUTERS/Eduardo Munoz/FT02)

New Delhi, Gatra.com - Dalam puncak pertemuan antara Menteri Pertahanan India, Nirmala Sitharaman dengan Menteri Pertahanan Amerika Serikat, James Mattis Kamis, (6/9) kedua negara sepakat akan menggelar pelatihan gabungan militer di pantai timur India pada 2019.

 

India dan Amerika Serikat juga menandatangani "Kesesuaian Komunikasi dan Perjanjian Keamanan”, yang dikenal sebagai COMCASA, untuk bertukar informasi tentang isu militer yang sensitif dengan cepat dan aman.

Amerika berharap dengan adanya latihan gabungan militer, juga ditandatanganinya perjanjian COMCASA, diharapkan dapat memperdalam hubungan politik dan keamanan dengan India. India dan Amerika juga berjanji mengadakan kerja sama yang lebih erat dalam operasi kontraterorisme.

“Kunjungan saya ini sebagai indikator kuat dari apa yang kami lihat sebagai titik dengan India yang paling strategis,” kata Mattis seperti dikutip dari situs South China Morning Post, kamis (6/9).

Kehadiran pasukan Amerika Serikat di Afghanistan telah meningkatkan sensitivitas terhadap persaingan antara India yang bersenjata nuklir dengan Pakistan. Sementara Washington dan New Delhi juga berbagi keprihatinan terhadap kelompok militan Islamis anti-Barat dan anti-India yang berbasis di Pakistan.

Amerika Serikat telah muncul sebagai pemasok senjata terbesar kedua di India, menutup kesepakatan senilai US$ 15 miliar dalam satu dekade terakhir.

Para ahli percaya penandatanganan perjanjian itu juga dapat mengurangi kemungkinan Amerika Serikat menjatuhkan sanksi pada India karena ada potensi pembelian sistem rudal permukaan-ke-udara buatan Rusia S-400.

Amerika Serikat telah memberlakukan sanksi sweeping terhadap Rusia, di mana setiap negara yang terlibat dengan sektor pertahanan dan intelijennya dapat menghadapi sanksi dari negeri itu.

Dengan bertemu India, administrasi Trump berusaha untuk membangun hubungan mereka tidak merusak situasi di Asia Selatan. Amerika Serikat juga mendorong negara-negara di wilayah ini untuk menghentikan impor minyak dari Iran.

Karena Presiden Donald Trump telah menarik diri dari kesepakatan tahun 2015 antara Iran dan enam kekuatan dunia untuk menghambat kemampuan nuklir yang berkembang di Teheran.

India adalah pembeli minyak terkemuka di Iran setelah Cina. Menjelang perundingan di New Delhi, seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri Amerika Serikat mengatakan, Washington terlibat dalam percakapan yang sangat rinci dengan India untuk menghentikan sepenuhnya impor minyak India dari Iran.

"Kami meminta semua mitra kami, bukan hanya India, untuk mengurangi impor minyak nol dari Iran dan jadi saya yakin itu akan menjadi bagian dari percakapan kami dengan India," katanya.


Reporter: YSS
Editor: Mukhlison

Mukhlison Sri Widodo
07-09-2018 13:53