Main Menu

Perusahaan Media Hingga Eksekutif Internasional Memutuskan Kerja Sama dengan Arab Saudi

Mukhlison S Widodo
12-10-2018 14:37

Demo sambil memegang poster foto Jamal Khashoggi di depan Konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki (REUTERS/Osman Orsal/jh)

 

Riyadh, Gatra.com - Perusahaan-perusahaan media besar, menarik diri dari konferensi investasi Saudi karena meningkatnya kemarahan atas hilangnya seorang jurnalis terkemuka asal negeri itu di Turki. 

Andrew Ross Sorkin, penyiar stasiun televisi CNBC dan jurnalis bisnis New York Times, menyampaikan bahwa ia tidak menghadiri konferensi yang diadakan di negeri petrodolar itu. “Sangat sedih dengan hilangnya jurnalis Jamal Khashoggi dan laporan tentang pembunuhannya,” katanya. 

New York Times juga telah memutuskan untuk menarik diri dari acara itu sebagai sponsor media, kata juru bicara Eileen Murphy. Langkah ini juga diikuti oleh perusahaan media lain yang dijadwalkan untuk tampil di konferensi investasi itu, termasuk CNN dan Bloomberg, menurut situs web acara tersebut.

Hilangnya Khashoggi, yang merupakan penulis kolom untuk Washington Post, telah membayangi konferensi tiga hari yang dikenal sebagai "Davos in the desert," yang dijadwalkan akan dimulai pada 23 Oktober. 

Para pejabat Turki menuduh bahwa Khashoggi dibunuh di konsulat Saudi di Istanbul di mana dia pergi untuk mendapatkan dokumen untuk pernikahan yang direncanakannya. Riyadh mengatakan klaim tersebut tidak berdasar.

Hilangnya Khashoggi telah menyebabkan para pejabat dan pemimpin bisnis untuk berhenti  dari salah satu proyek besar milik Saudi, Crown Prince Mohammed Bin Salman.

Mantan Menteri Energi AS Ernest Moniz mengatakan bahwa ia telah menangguhkan perannya di proyek yang direncanakan Arab Saudi, NEOM, hingga lebih banyak diketahui tentang apa yang terjadi.

Moniz sebagai salah satu dari 18 orang penasehat proyek NEOM senilai US$ $ 500 miliar. Putra Mahkota mengatakan pekan lalu bahwa zona bisnis NEOM akan membangun dua hingga tiga kota setiap tahun mulai tahun 2020 dan selesai pada tahun 2025.

The Harbour Group, sebuah perusahaan dari  Washington yang telah menjadi penasehat  Arab Saudi sejak April 2017, mengakhiri kontraknya yang senilai US$ 80.000 per bulan. "Kami telah mengakhiri hubungan itu," kata managing director Richard Mintz.

Milyarder Inggris Richard Branson juga mengatakan bahwa Virgin Group-nya akan menangguhkan pembahasannya terkait Dana Investasi Publik Arab Saudi atas investasi US$ 1 miliar yang direncanakan dalam usaha pengembangan ruang angkasa, akibat peristiwa yang melibatkan Khashoggi.


Reporter: YSS/Reuters
Editor: Mukhlison

Mukhlison S Widodo
12-10-2018 14:37