Main Menu

Mesjid Terbesar di Eropa akan Diresmikan pada Idul Adha di Moskow

Nur Hidayat
20-09-2015 09:34

mesjid agung moskow (dok GATRAnews)

Moskow, GATRAnews - Hari raya Iedul Adha tahun 2015 ini menjadi momen bersejarah buat kaum muslimin di Rusia, juga Eropa. Mesjid yang paling besar di daratan Eropa akan dibuka di pusat Moskow pada tgl 23 September ini.

 

"Di mesjid ini akan bisa bersembahyang 10.000 muslimin sekaligus," kata Wakil Mufti Rusia Rushan Abbyasov pada jumpa pers pada hari Selasa lalu.

 

"Pembukaannya akan dihadiri oleh tusan dari beberapa negeri muslimin di dunia, termasuk Indonesia, Malaysia, mungkin Brunei," kata Rushan menjawab pertanyaan GATRA.

 

Mesjid ini merupakan hasil renovasi besar-besaran Mesjid Agung, yang terletak di Jalan Prospekt Mira dan merupakan mesjid utama dari empat mesjid yang sekarang ada di Moskow, ujar Wakil Mufti. Mesjid Agung ini pernah dikunjungi tokoh-tokoh terkenal di dunia seperti Bung Karno,. Gamal Abdel Nasser dan lainnya.

 

Mesjid ini dibangun tergopoh-gopoh tahun 1904 dari kayu yang mutunya kurang baik, dan fondasinya kurang kuat. Sehingga terpaksa dibongkar cepat sebab ada diskusi para tokoh politisi yang hangat mengenai perlu-tidaknya mesjid ini.

 

Fondasinya tidak kuat akhirnya diputuskan untuk dibongkar meskipun sempat diskusi hangat mengenai pembongkaranya mengingat nilai sejarah. Tetapi temboknya utuh dan menjadi integral dengan gedung yang baru. Dalam pembangunan ini ikut serta para arsitek dan ahli Rusia maupuin dari Turki, yang jumlah mencapai 700 orang.

 

Tetapi gayanya dan ornamennnya sesuai dengan tradisi Islam di Rusia. Mesjid akan dibuka bertepatan dengan hari raya Idul Adha. Pada hari itu Presiden Rusia Vladimir Putin akan memberikan kata sambutan.


Reporter: Svet Sakharov

editor: Nur Hidayat

Nur Hidayat
20-09-2015 09:34