Main Menu

Reaktor Nuklir Terkuat di Rusia Mulai Aliri Listrik  

Januar
10-08-2016 16:25

Kawasan PLTN Novovoronezh, Rusia ( dok gatranews)

Jakarta, GATRAnews - Pasokan listrik Rusia kembali bertambah setelah unit Generasi III+ yang berasal dari PLTN Novovoronezh mulai mengaliri listrik pada awal Agustus ini. Generasi III+ yang dikatakan sebagai unit PLTN terkuat di Rusia ini mampu memproduksi listrik sebesar 1140 MW.

 

"Masa-masa paling kritis telah berhasil dilewati oleh unit ini, yaitu tahap percobaan pengaliran listrik dari generator ke jaringan listrik nasional," kata Direktur Jenderal Rosenergoatom, perusahaan bagian dari Rosatom, BUMN Nuklir asal Rusia, Andrey Petrov. Masa kritis ini, mengalirkan listrik 240 MW dari Unit 1 yang berlangsung selama 3 jam 35 menit.

 

Dikenal dengan nama Novovoronezh 6, ini adalah unit reaktor air dimampatkan (pressurised water reactor/PWR) VVER 1200/392M. Ini merupakan satu dari dua unit di Novovoronezh II. VVER 1200/392M merupakan proyek pengembangan dari teknologi sebelumnya VVER-1000. Konstruksi Novovoronezh II unit 1 dan 2 - atau Novovoronezh units 6 dan 7 - ini dimulai sejak Juni 2008 dan Juli 2009. 

 

Dibangun di kawasan PLTN Novovoronezh yang menjadi rumah bagi 5 unit PLTN (3 beroperasi dan dua reaktor sedang diperbaharui teknologinya). Di kawasan ini PLTN generasi pertama (Novovoronezh 1) dibangun pada 1957 dan mulai beroperasi sejak 1964. Reaktor ini berhenti operasi sejak 1988. 

 

Direktur Jenderal Rosenergoatom, perusahaan bagian dari Rosatom, BUMN Nuklir asal Rusia, Andrey Petrov mengatakan, bahwa hal ini merupakan sebuah pencapaian besar bagi Rusia.

 

“Hal ini merupakan sebuah kemenangan besar bagi kami, yang menandakan hasil dari kerja keras untuk menyelesaikan sebuah proses operasi yag kompleks. Seluruh pekerjaan juga telah dilakukan dengan sangat terpercaya dan aman. Seluruh personil kami benar-benar memahami proses pengerjaan dan peralatan yang digunakan,” ujar Petrov, Rabu (10/8).

 

Beroperasinya Generasi III+ ini semakin mengukuhkan Rosatom sebagai perusahaan pemasok tenaga nuklir terbesar di dunia untuk proyek pembangunan PLTN.

 

Beroperasinya unit Generasi III+ juga telah meningkatkan performa kinerja Rosatom dan PLTN Novovoronezh pada khususnya. Faktor keamanan unit ini telah diuji dan telah sesuai dengan persyaratan yang diberikan oleh Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) pasca tragedi Fukushima.

 

"Unit ini memiliki sistem keamanan yang pasif, yang mana tetap mampu beroperasi ketika pembangkit dalam keadaan padam dan tanpa intervensi para operator," ujarnya. Saat ini, unit daya Generasi III+ telah dibangun di Amerika Serikat dan Perancis.

 

Menurut Sputnik.news, pada Selasa (9/8/16) lalu, pemerintah Rusia akan membangun 11 unit PLTN baru hingga 2030.


Reporter: Januar Rizki

Editor: Dani Hamdani 

Januar
10-08-2016 16:25