Main Menu

Presiden Polandia akan Kunjungi Indonesia

Dani Hamdani
17-10-2016 21:48

Menlu Retno Marsudi bertemu Wakil Menlu Polandia Joanna Wronecka di Bangkok (Dok Kementrian Luar Negeri)

Warsawa, GATRAnews - Hubungan bilateral Indonesia dan Polandia telah terjalin dengan sangat baik dengan trend perdagangan yang juga positif. Bagi Polandia, Indonesia merupakan salah satu mitra strategis di Asia. Untuk meningkatkan hubungan dengan Indonesia, Presiden Polandia berencana akan melakukan kunjungan ke Indonesia pada tahun 2017.

 

"Diharapkan kunjungan ini juga akan disertai delegasi bisnis," ujar Duta Besar Indonesia di Polandia Peter F Gontha dalam keterangan tertulis yang diterima GATRAnews, Senin (17/10/16).

 

Menurut Peter Gontha, rencana kunjungan Presiden Polandia itu merupakan hasil pertemuan antara Menteri Luar Negeri Retno L.P Marsud dengan Under Secretary of State for development Cooperation, Africa and the Middle East, Asia, Economic Diplomacy and Human Rights dari Republic Polandia, H.E. Joanna Wronecka, di sela-sela Pertemuan ASEAN-EU ke-21 di Bangkok, Thailand.

 

Dalam pertemuan tersebut, menurut Gontha,  kedua negara menyetujui pentingnya penguatan konektivitas, termasuk kerja sama antar maskapai penerbangan kedua negara, yaitu Garuda dan LOT Polish Airlines. Diharapkan kerja sama ini akan menghasilkan rute penerbangan langsung dari Warsawa ke Jakarta atau Denpasar.

 

Dalam pertemuan juga dibahas isu-isu internasional seperti situasi di Palestina dan kedua negara berkomitmen untuk terus mendukung Palestina.

 

Polandia adalah mitra dagang RI terbesar ke-3 di Eropa Tengah dan Timur, dengan nilai perdagangan US$ 539.71 juta, surplus di pihak RI US$ 252.18 juta pada 2014 setelah Rusia dan Ukraina.

 

Investasi Polandia di Indonesia mencapai US$ 6.4 juta dalam 6 proyek pada 2014 dan jumlah wisatawan Polandia ke Indonesia adalah 16.832 orang pada 2014.


Editor: Dani Hamdani 

 

Dani Hamdani
17-10-2016 21:48