Main Menu

Serangan di London: Empat Tewas, Termasuk Polisi

Dani Hamdani
23-03-2017 14:59

London, GATRAnews -  Serangan di Rabu petang, di kawasan elit, depan gedung Parlemen, menewaskan empat orang tewas , termasuk polisi, dan paling tidak 20 terluka di London. "Kami nyatakan ini adalah insiden teroris dan satuan anti-teroris sedang melakukan penyelidikan skala penuh atas kejadian hari ini," kata pejabat tertinggi anti-teroris di Inggris, Mark Rowley, kepada wartawan, Rabu petang (22/3/17).

 

Mereka yang tewas adalah pelaku, seorang polisi yang ditikam pelaku, dan dua korban yaitu pejalan kaki yang ditabrak kendaraan di Jembatan Westminster, bersebelahan dengan parlemen.

 

Kantor berita Reuters melaporkan, kejadian berawal ketika satu kendaraan roda empat menabrak para pejalan kaki dan seorang pelaku menikam seorang polisi di dekat parlemen Inggris.


"Serangan berawal ketika satu mobil yang dikendarai di Jembatan Westminster, menabrak dan melukai sejumlah anggota masyarakat, termasuk tiga polisi yang baru pulang dari upacara."

"Kendaraan itu kemudian rusak di dekat parlemen, lalu paling tidak satu pria bersenjatakan pisau melanjutkan serangan dan berusaha masuk ke parlemen."

 

Seorang saksi mata, berada di sebuah bus wisata di jembatan pada saat itu menuturkan, "Saya hanya melihat sebuah mobil lepas kendali, dan mengarah ke pejalan kaki di jembatan," ujar Bernadette kepada Sky News.

Sky News menyebutkan pelaku yang mengendarai mobil menabrakkan kendaraannya ke sejumlah pejalan kaki sebelum menusuk seorang polisi di luar gedung parlemen.

Saksi mata mendengar orang-orang berteriak dan melihat tubuh orang-orang berserakan dalam insiden yang terjadi di trotoar di depan gedung parlemen.

Mobil itu kemudian menabrak pagar yang mengelilingi Istana Westminster, dekat Big Ben di Parliament Square, dimana penyerang keluar dan menikam seorang polisi.

"Petugas—termasuk petugas bersenjata api—tetap di tempat kejadian dan kami  memperlakukan ini sebagai insiden teroris sampai kami tahu sebaliknya," kata Kepolisian Metropolitan London dalam pernyataan yang dikutip Reuters.

Wartawan Reuters di dalam gedung parlemen mendengar ledakan keras dan tak lama setelah itu melihat dua orang tergeletak di tanah di halaman kompleks parlemen.

Seorang fotografer Reuters mengatakan ia melihat setidaknya selusin orang terluka di Westminster Bridge, di samping parlemen.

Foto-foto menunjukkan orang tergeletak di tanah, beberapa dari mereka mengalami pendarahan berat dan satu di antaranya terlihat di bawah bus.
 
Kejadian itu terjadi bersamaan dengan setahun usia serangan oleh militan yang menewaskan 32 orang di Brussels.


Editor: Dani Hamdani
Dani Hamdani
23-03-2017 14:59