Main Menu

Khalid Masood Pelaku Serangan London Punya Catatan Kriminal Panjang

Dani Hamdani
24-03-2017 18:51

London, GATRANews - Kepolisian Inggris menyatakan pelaku serangan di dekat Gedung Parlemen di London, Rabu, (22/3/17) yang menewaskan empat orang, termasuk polisi dan seorang guru wanita,ternyata kriminal. Khalid Masood, berusia 52 tahun, memiliki catatan kejahatan panjang namun tak ada yang terkait dengan aksi terorisme.

 

Masood sendiri kini sudah tewas ditembak setelah menyerang itu, sehingga total yang meninggal dalam tragedi di Westminster Bridge itu menjadi lima. Lahir di Kent, tenggara London, dan terakhir kali Masood tinggal di Inggris tengah, ungkap kepolisian. 

 

Masood diketahui mempunyai sejumlah nama samaran dan pernah dihukum atas serangkaian kejahatan, namun sebelumnya tidak pernah ada yang berkaitan dengan terorisme, ujar kepolisian. 

 

"Masood tidak menjadi inti penyelidikan saat ini dan tidak ada catatan intelijen sebelumnya soal niatnya melakukan serangan teroris," kata kepolisian dalam pernyataan. 

 

Baca Juga:

Korban Serangan London Bertambah jadi 5 Tewas, termasuk Guru Bahasa Spanyol

Dubes RI Imbau WNI di London Waspada Pasca-Serangan Teror

 

"Namun, ia sudah dikenal oleh kalangan kepolisian dan pernah melakukan serangan beberapa kali, termasuk penyiksaan, kepemilikan senjata serta mengganggu ketertiban umum," lanjut polisi seperti dilaporkan Antara.

 

Kepolisian mengatakan hukuman pertama yang diterima Masood adalah pada November 1983 terkait kejahatan dan yang terakhir pada Desember 2003 karena memiliki sebuah pisau.  

 

Menurut pemberitaan, mobil yang digunakan dalam penyerangan Rabu merupakan kendaraan yang disewa dari perusahaan penyewaan Enterprise cabang Spring Hill di Birmingham.


Editor: Dani Hamdani 

Dani Hamdani
24-03-2017 18:51