Main Menu

Indonesia Ramaikan Jubilee 650 Tahun Universitas Pécs Hongaria

Tian Arief
26-03-2017 08:47

Gedung utama Universitas Pécs Hongaria (GATRAnews/Wikipedia)

Jakarta, GATRAnews - Indonesia memenuhi undangan Universitas Pécs untuk meramaikan peringatan Jubilee 650 Tahun Univesitas Pécs, di Hongaria (23/3). Indonesia berperan serta dengan mengirimkan tim budaya Indonesia Goes To University (IGTU) serta penyajian kuliner khas Indonesia. Tim budaya IGTU membawakan tari tradisional Bapang Selisir, Yamko Rambe Yamko, dan Satria untuk menghibur para penonton.

Selain itu, menurut siaran pers KBRI Budapest, yang diterima GATRAnews, di Jakarta, Minggu (26/3), disajikan pula kuliner khas Indonesia, yaitu risol dan putu ayu, serta Wedang Uwuh, pada acara “Indonesian Night”, di Arts and Literature House, Pécs, Hongaria.

Pada acara "Indonesia Night" itu, Dubes RI untuk Hongaria Wening Esthyprobo menyampaikan, pada tahun 2030 diperkirakan ada 90 juta masyarakat Indonesia memerlukan pendidikan tinggi, dan kebutuhan sebesar ini tidak bisa hanya ditopang oleh institusi pendidikan tinggi di dalam negeri. Dubes Wening mengatakan, Hongaria merupakan salah satu pilihan tepat untuk menjawab kebutuhan ini.

Hongaria sebagai salah satu negara di kawasan Eropa Timur memiliki kualitas pendidikan yang sama baiknya dengan negara-negara di Eropa Barat. “Kelebihan Hongaria terletak pada biaya hidup dan biaya pendidikan yang relatif lebih murah, serta keamanan yang terjamin," kata Wening.

Selain itu, ucapnya, letaknya yang berada di tengah kawasan Eropa membuat mahasiswa dapat dengan mudah mengikuti seminar dan menambah wawasan dengan univeristas lain di Eropa.  Karena itu, KBRI Budapest ingin membuka jalan dan memperkenalkan Indonesia kepada kalangan civitas academica Hongaria demi memperkuat kerja sama pendidikan di masa yang akan datang.

Dalam kegiatan itu, hadir pula Dean of Faculty of Sciences, Prof. Robert Gabriel, dan Gabor Kozma dari International Relation Department, para mahasiswa dari Universitas Pécs, Indonesian lovers, serta masyarakat umum.

Sebanyak 200 tempat duduk di gedung pertunjukkan itu dipenuhi para penonton, bahkan sampai dilakukan penambahan kursi. Para tamu undangan dan penonton sangat antusias dengan acara Indonesian Night tersebut. Mereka tidak beranjak dari tempat duduk sampai acara selesai bahkan berfoto bersama dengan para penari.

Universitas Pécs merupakan universitas pertama di Hongaria, yang telah berdiri sejak 650 tahun lalu. Dari catatan KBRI Budapest terdapat empat mahasiswa Indonesia menuntut ilmu di Universitas Pécs untuk jenjang Master dan PhD.


Editor: Tian Arief

Tian Arief
26-03-2017 08:47