Main Menu

Perkuat Vokasi, Mendikbud Kunjungan ke FESTO Training Center

Rohmat Haryadi
09-10-2017 18:16

Mendikbud didampingi Atase Pendidikan dan Kebudayaan Ahmad Syaufi bersama pejabat FESTO (Gatracom/Rohmat Haryadi/yus4)

Stuttgart GATRAnews -- Belajarlah vokasi ke Jerman. Jerman dikenal keunggulannnya dalam bidang pendidikan vokasi. Karena itu Mendikbud Muhadjir Effendy dalam kunjungan ke Jerman menyempatkan berkunjung ke FESTO Training Center hari ini. Dalam kunjungan itu Mendikbud disambut pejabat FESTO, Enrico Ruehle dan Gunther Hayn. Bagi Kemendikbud Festo adalah "teman akrab". Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud RI telah bekerjasama dengan FESTO untuk melatih pendidikan vokasi untuk guru SMK terpilih.


Ada 30 guru SMK dari seluruh Indonesia yang magang di FESTO dalam rangka  penguatan kurikulum SMK berbasis  industri, untuk  bidang Mekatronika dan elektronika. Kegiatan ini telah dilaksanakan 13 Maret sampai 7 April 2017. Festo adalah salah satu perusahan rekayasa otomatisasi yang fokus pada penjualan perangkat pneumatik dan aktuatorlistrik untuk industri otomatisasi.

FESTO, perusahaan Jerman perintis dan pemimpin kinerja dalam pelatihan otomasi proses. Festo hadir di 176 negara di seluruh dunia. Setengah dari 18.000 karyawan FESTO di seluruh dunia bekerja di St. Ingbert Jerman,  salah satu dari banyak kantor penjualan FESTO. Setengah lainnya bekerja di lebih dari 60 perusahaan, dan 250 cabang. Sebagai "pemain glokal", FESTO beroperasi secara lokal dalam konteks global. Festo mempunyai lebih dari 250 cabang distributor di seluruh dunia,  Dengan jumlah katalog komponen lebih dari 300.000 jenis komponen.

Menurut Gunther Hayn, otomatisasi system dilatarbelakangi krisis energi yang menimbulkan pemanasan global. FESTO menjawab itu dengan system yang efektif dan berbuhul pada penghematan energi. Sedangkan bagi FESTO transformasi sistem membuat pendidikan kejuruan lebih  mudah untuk dipahami. Juga untuk pemahaman secara fundamental terhadap teori dan aplikasi ilmu elektronika dan mekatronika. Pembelajaran menggunakan full bahasa Inggris. Kegiatan magang terkonsentrasi di FestoAcademy, Festo Didactic dan Festo Technologie Fabriek.

Mendikbud menyimak penjelasan Stefan Dietl, Head of Global Vocational Training FESTO (Rohmat Haryadi)
Mendikbud menyimak penjelasan Stefan Dietl, Head of Global Vocational Training FESTO (Rohmat Haryadi)



FESTO Didaktik adalah pemimpin global dalam pelatihan dasar dan lanjutan di industri. Sebagai penyedia pengembangan keterampilan untuk pembuatan dan otomatisasi proses, layanan yang FESTO menawarkan peralatan pendidikan untuk fasilitas pelatihan, hingga masukan bagi perusahaan produksi industri.

Sistem pembelajaran mencakup semua topik teknis terkini: pneumatik, elektro-pneumatik, hidrolika, elektro-hidrolika, elektronik, teknik elektro, teknologi sensor, robotika, teknologi CNC, teknologi PLC dan fieldbus, pembuatan dan otomasi proses, dan mekatronik. Dalam bentuk perangkat keras, perangkat lunak pelatihan dan simulasi serta materi cetak.


Editor: Rohmat Haryadi

Save

Save

Save

Rohmat Haryadi
09-10-2017 18:16