Main Menu

Ini Dia Produk Indonesia yang Diminati Pasar Swiss

Flora Librayanti BR K
27-11-2017 21:39

Direktur WID, Ersalina Schmidlin. (GATRA/Flora Libra Yanti/AK9)

 

 

 

Jakarta, GATRA.comProduk khas Indonesia kini punya ruang pamer di salah satu kota paling elit di dunia, Basel. Mengusung konsep warehouse, Wonderful Indonesia Display (WID) hadir di pusat kota Basel, tepatnya di Freie Strasse, berdampingan dengan gerai dan butik brand dunia semacam Zara, Mango, Rolex, Burberry, Nautica, dan sebagainya.

 

 

 

Kebanyakan produk Indonesia disini adalah fashion. Sedangkan kita berdampingan dengan banyak butik. Mungkin ini yang membuat persaingan agak ketat,” kata Direktur WID Basel, Ersalina Schmidlin.

 

 

 

Ersalina lantas mengungkapkan kalau produk Indoneisa yang jadi favorit pasar Swiss saat ini adalah makanan dan minuman. Termasuk diantaranya biji kopi dan minuman herbal. Selain itu juga sejumlah kerajinan tangan seperti set teko dan gelas atau material keramik lainnya. Tak lupa pula anyaman bambu atau rotan yang sudah menjadi keranjang atau wadah lainnya. Salah satu yang juga banyak diminati adalah sepatu dari bahan rajut wol.

 

 

 

Karena memang Swiss agak berbeda seleranya dengan pasar Indonesia. Makanya ada tim di Jakarta yang melakukan kurasi atas produk-produk yang akan dikirim kesini,” ujar Ersalina.

 

 

 

Salah satu keluhan Ersalina adalah soal tingginya harga produk fashion. Ia membandingkan harga tas buatan Indonesia bisa mencapai tiga kali lipat dari buatan Italia. Dengan kualitas sama bagus, namun harga jauh lebih murah, tentu saja konsumen lebih memilih buatan Italia.

 

 

 

Harga yang produk fashion agak mahal. Kita sudah komunikasikan ke Jakarta, bawa barang yang tak hanya bagus tapi juga harganya terjangkau,” sebut Ersalina lagi.

 

 

 

Ersalina menduga salah satu alasan tingginya harga produk kita adalah soal logistik. “Biaya logistik juga memang mahal. Apalagi Swiss itu tidak masuk Uni Eropa, jadi biaya logistik agak lebih mahal lagi,” tutupnya.


 

 

 

 

Reporter : Flora Libra Yanti

 

 

 

Flora Librayanti BR K
27-11-2017 21:39