Main Menu

Turki Akan Buka Kedubes di Yerusalem Timur

Hendri Firzani
17-12-2017 22:10

Presiden Turki Tayyip Erdogan (AFP/Adem Altan/yus4)

Jakarta, Gatra.com- Sikap keras terhadap keputusan pemerintahan Amerika Serikat mengenai Yerusalem, ditunjukan Presiden Turki Tayyip Erdogan.  Seusai memimpin pertemuan darurat organisasi konferensi Islam, rabu lalu, Erdogan menyatakan akan segera membuka kedutaan besar Turki di Yerusalem Timur.

 

Erdogan mengatakan, pembukaan kedutaan besarnya di Yerusalem Timur sebagai bentuk pengakuannya terhadap negara Palestina. "Dengan kehendak Allah, kami  akan membuka kedutaan besar kami di sana (Yerusalem timur)," ujar Erdogan sebagaimana dikutip reuters. 

 

Sikap Erdogan ini sebagai balasan atas sikap Amerika Serikat yang berencana memindahkan kedutaan besarnya dari Tel Aviv ke Yerusalem. Bahkan, wapres AS Mike Pence dikabarkan akan segera mengunjungi Yerusalem, pekan depan.

 

Pengakuan presiden Donald Trump terhadap Yerusalem sebagai ibukota Israel telah memantik protes dari seluruh dunia. Termasuk di Indonesia. Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia tegas-tegas menolak klaim AS tersebut.

 

Presiden Joko Widodo telah mengajak negara-negara OKI untuk bersatu menghadapi sikap Amerika Serikat yang disebutnya tidak bertanggungjawab, dan mengabaikan aturan internasional. Indonesia mengambil sikap keras dengan meminta negara-negara OKI melakukan boikot ekonomi terhadap produk-produk asal Israel.


 

Editor: Hendri Firzani

 

 

Hendri Firzani
17-12-2017 22:10