Main Menu

Trump Pamer Kehebatan Ekonomi Amerika di Pidato Davos

Birny Birdieni
26-01-2018 23:06

(AFP/Fabrice Coffrini/AK9)

Davos, Gatra.com- Ajang pidato "American First" Presiden Amerika Serikat, Donald Trump menjadi agenda besar untuk mempromosikan kehebatan negeri adi daya tersebut. "Tidak ada waktu lain yang lebih baik untuk berbisnis di Amerika," kata Trump dalam pidatonya di World Economic Forum (WEF), di Davos, Swiss, Jumat (26/1) seperti dilansir dari CNN.

 

Setelah bertahun-tahun mengalami stagnasi, Trump mengklaim AS mengalami pertumbuhan ekonomi kuat. Sejak pemilihannya, pasar saham satu demi satu telah memecahkan rekor. Juga berhasil menghimpun penambahan kapital lebih dari US$ 7 trilyun.

 

Bahkan indikator keyakinan konsumen, kepercayaan bisnis dan kepercayaan manufaktur menjadi yang tertinggi dalam beberapa dekade ini. "Sejak pemilihan saya, kami telah menciptakan 2,4 juta pekerjaan. Jumlah itu meningkat sangat substansial," ungkap Trump percaya diri.

 

"Negeri Paman Sam" ini juga baru saja memberlakukan pemotongan pajak dan reformasi paling signifikan dalam sejarahnya. Pemotongan pajak besar-besaran ini berlaku untuk kelas menengah dan usaha kecil. Bahkan tarif pajak perusahaan turun dari 35% menjadi 21%. 

 

Akibatnya, jutaan pekerja telah menerima potongan pajak dari majikan mereka dalam jumlah sama dengan US$ 3.000. RUU pemotongan pajak diperkirakan akan menaikkan rata-rata pendapatan rumah tangga Amerika lebih dari US$ 4.000.

 

Menurut Trump, dunia menyaksikan kebangkitan Amerika yang kuat dan makmur. "Amerika terbuka untuk bisnis, dan kami kompetitif sekali lagi," ujar Trump mempromosikan. Bahkan ia sesumbar ekonomi AS merupakan yang terbesar di dunia. 

 

Bahkan perusahaan terbesar di dunia, Apple  mengumumkan akan berinvestasi lebih dari US$350 milyar dalam waktu lima tahun ke depan. Diperkirakan akan membawa keuntungan ke Amerika hingga US$ 245 milyar. 

 

Forum WEF menjadi ajang bagi pemimpin di bisnis, seni, diplomat dan pejabat dunia bergabung untuk mendiskusikan bagaimana menciptakan kemakmuran, keamanan dan kedamaian. "Saya di sini hari ini untuk mewakili kepentingan rakyat Amerika dan untuk menegaskan persahabatan dan kemitraan Amerika dalam membangun dunia lebih baik," ungkap Trump.

 

Seperti halnya harapan semua negara yang terwakili dalam forum besar ini. "Amerika berharap untuk masa depan makmur dimana setiap anak tumbuh bebas dari kekerasan, kemiskinan dan ketakutan," pungkas Trump.

 


Editor : Birny Birdieni

 

Birny Birdieni
26-01-2018 23:06