Main Menu

Animo Tinggi, Festival Indonesia Kembali Diadakan Di Moskow

Bernadetta Febriana
24-02-2018 16:52

Wahid Supriyadi. Dubes RI di Moskow (Koleksi Pribadi/yus4)

Jakarta, Gatra.com - Festival Indonesia di Moscow, Rusia akan digelar untuk ketiga kalinya. Animo pengunjung yang sangat tinggi dan naiknya nilai perdagangan Indonesia dan Rusian menjadi alasan tersendiri untuk kembali menyelenggarakan hajatan selama 3 hari tersebut.

 

Hal itu dikemukakan oleh Duta Besar RI untuk Rusia, Wahid Supriyadi kepada wartawan di Jakarta, Jumat (24/02) lalu. "Tema kali ini adalah Visit Wonderful Indonesia," ujarnya. 

 

Direncanakan akan dilaksanakan pada 2-5 Agustus 2018 dan akan digelar di Krasnaya Presnya Park yang luasnya sekitar 16,5 hektar. Pada awalnya, direncanakan festival ini nanti akan mendatangkan sekitar 80 UKM dan sekitar 20 stand untuk daerah yang ingin berpartisipasi. 

 

Namun ternyata, lanjutnya, dari target 80 UKM ternyata yang sudah mengajukan diri untuk ikut serta di atas 100. "Dan karena luas, saya meminta daerah berkontribusi untuk menyewa booth yang disediakan, dan dari sekitar 20 yang mendaftar mereka sudah menyatakan kesediaannya," kata Wahid lagi.

 

Pada Festival Indonesia kedua yang diselenggarakan tahun lalu, tercatat pengunjung mencapai angka lebih dari 91 ribu orang dengan kehaditan sekitar 70 UKM dari Indonesia. "Pada hari pertama kita menyelenggarakan bisnis forum agar bisa mempertemukan pihak-pihak yang ingin melakukan hubungan dagang secara langsung, dan ini cukup banyak peminatnya," kata Wahid. 

 

Menurut Wahid, nilai perdagangan antara Indonesia dan Rusia naik sejak tahun 2016. "Peningkatan total perdagangan RI-Rusia tahun 2016 sebesar 33,4% dibandingkan tahun 2015," kata Wahid lagi. Nilai ekspor RI ke Rusia sebesar US$ 2,21 miliar, impor US$ 402 juta, sehingga Indonesia surplus US$ 1,8 milyar. 

 

Sementara di tahun 2017, lanjut Wahid, terdapat peningkatan total sebesar 25,2% dibandingkan perioide yang sama di tahun sebelumnya. "Kita juga harus memanfaatkan sanksi ekonomi yang dialami Rusia," ujar mantan Dubes Indonesia untuk UEA ini.

 

Selain di angka perdagangan, lanjutnya, Festival Indonesia juga dianggap cukup berhasil untuk memperkenalkan Indonesia kepada masyarakat Rusia dan membuat mereka ingin melakukan perjalanan wisata ke Indonesia. "Ada peningkatan jumlah wisman asal Rusia ke Indonesia yang cukup signifikan, yakni 2,54% atau sekitar 80.514 orang dan di tahun 2017 sebanyak 110.529 orang,"ujar Wahid.


Editor : Bernadetta Febriana

Bernadetta Febriana
24-02-2018 16:52