Main Menu

Eks Presiden Perancis Sarkozy Dibui

Sandika Prihatnala
20-03-2018 17:54

Nicolas Sarkozy (REUTERS/Christophe Petit-Tesson/yus4)

Artikel Terkait

Paris, Gatra.com - Mantan Presiden Perancis Nicolas Sarkozy dijebloskan ke penjara oleh Kepolisian Perancis terkait sumber dana kampanye pada Selasa (20/3). Dia dituding menerima aliran dana dari Libya pada 2007 silam.

 

Penyelidikan yang dimulai sejak 2013 lalu itu berawal dari klaim Moammar Khadafi, mantan Presiden Libya. Bersama putranya, ia menyebut berperan dalam mendanai kampanye Sarkozy. Klaim itu diperkuat pengakuan pengusaha bernama Ziad Takieddine, yang mengaku telah mengirim uang sebanyak lima juta euro uang milik Khadafi ke Sarkozy.

Dikutip dari AFP, Takieddine tiga kali melakukan perjalanan dari Tripoli, Libya ke Paris pada akhir 2006 hingga awal 2007. Sebuah koper berisi uang sebanyak 1,5 hingga 2 juta euro dalam pecahan 200-an dan 500-an ia bawa dalam sekali perjalanan.

Sebelumnya, Sarkozy sudah diperiksa sebagai bagian dari penyelidikan atas dana kampanyenya. Pemeriksaan dilakukan setelah rekan Sarkozy, Alexandre Djouhri ditahan di London. Belakangan, bebas dengan jaminan.

Sarkozy, seperti dilansir dari Reuters, menjabat sebagai presiden dari 2007 hingga 2012, selalu menolak menerima dana kampanye terlarang dan telah menepis tuduhan tersebut. Seorang mantan menteri dan sekutu dekat Sarkozy, Brice Hortefeux, juga ditanyai oleh polisi pada Selasa pagi sehubungan dengan penyelidikan.


Editor : Sandika Prihatnala

Sandika Prihatnala
20-03-2018 17:54