Main Menu

Putin Didemo Jelang Pelantikannya

Sandika Prihatnala
06-05-2018 05:57

Para pendukung oposisi melakukan protes dijalanan St. Petersburg, Rusia. (5/5). (REUTERS/Anton Vaganov/FT02)

Moskwa, Gatra.com - Jelang pelantikan Presiden Rusia Vladimir Putin pada Senin (7/5) mendatang, ia didemo ratusan massa yang berasal dari oposisi. Pimpinan oposisi Alexei Navalny ditangkap bersama para demonstran.

 

Dikutip dari AFP, Navalny yang mengenakan kemeja kotak-kotak ditangkap tak berselang lama setelah mendatangi apel yang digelar di Lapangan Pushkin. Dengan slogan “Dia Bukan Tsar Kami”, Navalny meminta agar para pendukungnya turun ke jalan memprotes Putin yang dianggapnya berkuasa absolute.

Video yang beredar di twitter menunjukkan bagaimana Alexei ditangkap bersama dengan para pendukungnya. Alexei telah lama menjadi pengkritik Putin. Menurutnya, pemilu yang digelar 18 Maret lalu dipenuhi kecurangan. Alexei sebelumnya dilarang berpartisipasi dalam Pilpres karena dituduh melakukan kejahatan keuangan. Ia menyanggahnya dan menganggap tudingan itu rekayasa semata.

Sebelumnya otoritas Moskwa telah meminta Alexei dan pendukungnya untuk tidak menggelar pawai di ibu kota karena dianggap tanpa izin. Selain di ibukota, unjuk rasa juga berlangsung di 90 kota lainnya sepanjang Sabtu. Demonstran terbanyak yang ditangkap berasal dari Siberia dan kawasan timur Rusia.

Di Krasnoyarsk bahkan terjadi bentrokan antara pengunjuk rasa dengan polisi bersenjata tongkat pemukul. 150 orang ditahan dalam bentrokan tersebut. Sementara di Yakutsk, polisi mengamankan 75 demonstran.



Editor : Sandika Prihatnala

Sandika Prihatnala
06-05-2018 05:57