Main Menu

Jembatan Layang di Genoa Runtuh Tewaskan 22 Orang

Arif Prasetyo
14-08-2018 23:19

Jembatan ambruk di kota Genoa, Italia Utara.(REUTERS/Stefano Rellandini/re1)

Artikel Terkait

Roma, Gatra.com - Sedikitnya 22 orang tewas ketika jembatan di jalan raya ambruk akibat hujan lebat pada Selasa (14/8) pagi di Kota Genoa, Italia utara. Wakil Menteri Transportasi Italia mengatakan, jumlah korban tewas akan terus meningkat.

 

Bagian jembatan setinggi 80 meter, termasuk satu set pendukung yang menjulang di atasnya, jatuh ke bawah akibat hujan deras mengguyur Kota Genoa menghancurkan setidaknya satu truk dan menjatuhkan lempengan beton ke sungai.

"Tidak dapat diterima bahwa jembatan penting semacam itu ... tidak dibangun untuk menghindari keruntuhan semacam ini," kata Wakil Menteri Transportasi Edoardo Rixi pada SkyNews24, di Genoa, seperti dikutip Reuters, Selasa (14/8).

Dia mengatakan, ambruknya jembatan itu telah menewaskan sedikitnya 22 orang, tetapi jumlah yang tewas akan bertambah.

Pantauan dari helikopter menunjukkan truk dan mobil terdampar di kedua sisi bagian jembatan Morandi setinggi 50 meter, yang dibangun di jalan tol A10 pada 1960-an. Satu truk ditunjukkan berada hanya beberapa meter dari ujung jembatan yang rusak.

Seorang saksi mengatakan, kepada televisi Sky Italia dia melihat "delapan atau sembilan" kendaraan berada di jembatan ketika runtuh, ini suatu pemandangan yang mengerikan.

Dinas pemadam kebakaran mengatakan, sekitar 200 petugas berada di tempat kejadian membantu evakuasi, dan kantor berita Italia ANSA mengatakan dua orang yang selamat telah ditarik keluar dari puing-puing di bawah keruntuhan.

Rekaman polisi menunjukkan petugas pemadam kebakaran bekerja untuk membersihkan puing-puing di sekitar truk yang hancur, sementara petugas pemadam kebakaran lain di dekatnya menebas lembaran dukungan jembatan yang runtuh.

Menteri Transportasi Danilo Toninelli mengatakan kepada televisi pemerintah Italia, bencana itu menunjukkan kondisi infrastruktur Italia yang bobrok dan kurangnya pemeliharaan, dan "mereka yang bertanggung jawab harus membayar".

Kantor Perdana Menteri Giuseppe Conte mengatakan, dia menuju ke Genoa pada malam hari dan akan tetap di sana hingga pada hari Rabu.

Menteri Pertahanan Elisabetta Trenta mengatakan, tentara siap menawarkan tenaga dan kendaraan untuk membantu operasi penyelamatan.

Dengan ambruknya jembatan itu Layanan kereta di sekitar Genoa telah dihentikan sementara beroprasi.


Editor: Arief Prasetyo

Arif Prasetyo
14-08-2018 23:19