Main Menu

Jaring Laba-laba Merah Mengepung Kota di Yunani

Rohmat Haryadi
21-09-2018 13:45

Jaring laba-laba di sepanjang pantai Aitoliko, Yunani (EPA). Laba-laba Tetragnatha (kanan atas) (Shutterstock)

Artikel Terkait

Aitoliko, Gatra.com -- Laba-laba merah telah mengambil alih kota Aitoliko, Yunani, dengan jaring sepanjang 1.000 kaki (300 meter) di sepanjang garis pantai. Jaring-jaring itu telah merobohkan pohon, tanaman, dan bebatuan berkat lonjakan jumlah laba-laba Tetragnatha yang luar biasa besar. Cuaca hangat, dan sejumlah besar nyamuk dianggap sebagai penyebab populasi keluarga arachnida itu membludak, dan menyerbu pulau untuk kawin. Demikian Dailymail, 20 September 2018.

 

Meskipun fenomena ini sangat tidak biasa, para ahli mengatakan bahwa tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena laba-laba akan segera musnah, dan jaring-jaring itu segera lenyap secara alami. Maria Chatzaki, profesor biologi molekuler dan genetika di Democritus University of Thrace di Yunani mengatakan kombinasi faktor menghasilkan kondisi yang sempurna bagi laba-laba untuk berkembang.

"Suhu tinggi, kelembaban dan makanan yang mencukupi menciptakan kondisi ideal bagi spesies untuk bereproduksi dalam jumlah besar," kata Profesor Chatzaki kepada Newsit.gr. “Seolah laba-laba mengambil keuntungan dari kondisi ini dan mengadakan semacam pesta. Mereka kawin, mereka bereproduksi dan menyediakan generasi baru. Laba-laba ini tidak berbahaya bagi manusia dan tidak akan menyebabkan kerusakan pada flora di kawasan itu," katanya.

"Laba-laba akan mengadakan pesta kawin mereka akan segera mati," tegasnya. Penduduk kota yang terkepung mengungkapkan bahwa pada hari-hari menjelang selesainya jaring laba-laba, wilayah itu telah melihat gerombolan nyamuk menghantam kota. Hal membuat spekulasi bahwa ini menyediakan sumber makanan yang melimpah bagi laba-laba ketika mereka mengerjakan maha karya mereka.

Tetragnatha adalah genus laba-laba yang berisi ribuan spesies bahasa sehari-hari dikenal sebagai 'peregangan laba-laba' karena tubuh panjang dan memanjang. Laba-laba ini umum di seluruh dunia dan sering membangun jaring dekat perairan.


Rohmat Haryadi

Rohmat Haryadi
21-09-2018 13:45