Main Menu

Bahrain Usir Dubes Iran

Dani Hamdani
02-10-2015 11:00

Peta Bahrain (dok GATRAnews)

Dubai, GATRANews - Ketegangan diplomatik Bahrain dan Iran kian memuncak. Pada Kamis waktu setempat Kerajaan Bahrain mengusir Iran dan menarik pulang Dubesnya di Teheran. Bahrain meminta Dubes Iran di Bahrain untuk meninggalkan Bahrain dalam kurun waktu 72 jam karena dianggap mencampuri urusan dalam negeri Negara Teluk itu, demikian dilaporkan kantor berita BNA seperti dikutip AFP..

 

Kerajaan di Teluk yang mayoritas penduduknya Syiah namun dikuasai sebuah dinasti dari Sunni, terus bergoyang akibat kerusuhan sejak demonstrasi pro-demokrasi pada 2011.

 

Bahrain, negara pulau yang berada di selat antara Saudi Arabia dan Iran itu, berulang kali menuduh Iran campur tangan dalam urusan dalam negerinya.


Pernyataan dari kementerian luar negeri Bahrain menyebutkan bahwa langkah pemerintah Bahrain itu diambil sebagai jawaban atas "intervensi terus menerus Iran dalam urusan kerajaan" dan upaya Teheran memicu fitnah.

Menurut Bahrani, seperti dilaporkan Antara, Iran yang mayoritas Syiah mendukung aksi-aksi sabotase dan terorisme di negeri itu serta menuduh Tehran membentuk dan mempersenjatai "kelompok-kelompok teroris, dan menampung mereka.

Editor: Dani Hamdani 

Dani Hamdani
02-10-2015 11:00