Main Menu

Bantuan Obama Sudah Sampai Tepi Barat dan Jalur Gaza

Rosyid
27-01-2017 10:59

Tepi Barat, GATRANews - Bantuan USAID sebesar US$221 juta (Rp 2,9 triliun) yang ditandatangani Barack Obama beberapa jam sebelum Donald Trump dilantik sebagai Presiden AS ke-45 pekan lalu sudah tiba di Tepi Barat dan Jalur Gaza. Hal itu diungkapkan penasehat Presiden Mahmud Abbas. "Kami sudah menerima sejumlah yang diperintahkan Obama. Mereka telah mentransfer uang itu," kata Huzam Zomlot, penasehat Presiden Palestina urusan strategis kepada kantor berita Russia, RIA Novosti dalam sebuah wawancara, Kamis (26/1).

Ketika ditegaskan apakah yang dimaksudkan adalah tentang pembayaran US$221 juta, pejabat Palestina itu menjawab dengan kalimat menegaskan menjawab bahwa keputusan itu sudah dibuat Washington sejak beberapa minggu sebelumnya.

Transfer ini jadi pembicaraan luas karena pemberitahuan resmi Menlu Jon Kerry kepada Kongres dilakukan pada menit-menit terakhir. Semepat beredar kabar Kementrian Luar Negeri mengkaji pengiriman dana itu dan tidak boleh dikirim sebelum disetujui Pemerintahan Trump.  Media Times of Israel, Rabu kemarin mengatakan bahwa dana itu sudah dibekukan oleh Pemerintahan Trump dengan mengutip sumber-sumber pemerintahan Palestina.

Setelah mengklaim dana itu sudah sampai di Palestina, Zomlot juga berharap kebijakan Trump terhadap Palestina tidak berbeda dengan Obama. Dia menolak berkomentari soal diskusi internal pemerintah AS terkait bantuan itu. "Ketika AS sudah mengumumkan posisi baru mereka, baru kami berkomentar," katanya.



Editor : Rosyid

Rosyid
27-01-2017 10:59