Main Menu

Pangeran Mahkota Saudi Menerima Penghargaan CIA

Rosyid
13-02-2017 12:12

Riyadh, GATRANews - Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Nayef ,57, mendapat penghargaan dari Badan Intelijen Pusat (CIA) Amerika Serikat (AS) atas upayanya melawan terorisme. Medali George Tenet diserahkan langsung oleh pimpinan CIA yang baru, Mike Pompeo, dalam kunjungan luar negeri pertamanya sebagai kepala CIA pada akhir Januari,
ungkap Agensi Pers resmi Arab Saudi (SPA).

Pangeran Mohammed saat ini menjabat menteri dalam negeri sejak 2012 dan memiliki pengalaman selama bertahun-tahun di dalam dunia intelijen. Dihormati di negara-negara Barat atas usahanya memerangi kekerasan ekstremis. Dia pernah memimpin sebuah operasi terhadap Al Qaeda di Arab Saudia antara 2003 hingga 2007. Pada 2009 Pangeran Mohammed mendapat luka ringan setelah selamat dari upaya pembunuhan yang dilakukan oleh Al Qaeda.

Pompeo memberikan Medal George Tenet kepada pangeran tersebut atas "kinerja intelijen yang sangat baik, dalam domain anti-terorisme dan kontribusinya untuk mewujudkan keamanan dan perdamaian dunia."

Pompeo dan Pangeran Mohammed juga mengadakan pembicaraan terkait masalah keamanan. Pangeran mengatakan pada SPA "tak ada upaya yang berhasil dalam mengganjal Kerajaan Saudia Arabia dan AS," katanya seperti dikutip Antara, Senin (13/2)

Ini adalah penegasan kembali terbaru dari Saudi soal hubungan antara kerajaan absolut Islam dan Washington sejak Presiden Donald Trump menjabat pada 20 Januari lalu.




Editor: Rosyid

Rosyid
13-02-2017 12:12